Gegap Gempita Piala Dunia 2018

Perkasa di Grup A, Kemenangan Dua Laga Pembuka Rusia Pasca-Uni Soviet

Suporter Timnas Rusia. (FIFA.com)
Suporter Timnas Rusia. (FIFA.com)

MALANGVOICE – Timnas Rusia tampil begitu perkasa pada babak penyisihan Grup A Piala Dunia 2018. Usai menggilas Arab Saudi dengan skor 5-0 pada laga perdana, tim berjuluk Sbornaya menghajar Mesir dengan skor 3-1, Rabu (20/6) dini hari tadi.

Ini merupakan pertama kalinya Rusia memenangkan dua laga pembuka di Piala Dunia setelah berganti nama dari Uni Soviet. Sukses serupa terkahir kali dicapai pada 1966 silam sebagai Uni Soviet, saat tim ini lolos sampai semifinal.

Selain itu, delapan gol Rusia dalam dua laga pembuka merupakan catatan tertinggi tim tuan rumah turnamen. Raihan itu setara dengan capaian Italia saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 1934.

Hasil positif ini membawa Rusia bertengger perkasa di puncak klasemen sementara Grup A dengan poin 6. Peluang Rusia lolos ke fase selanjutnya terbuka lebar. Rusia bahkan dipastikan lolos jika Uruguay mampu mengalahkan Arab Saudi pada laga malam nanti.

Sejak Uni Soviet pecah, Rusia memang belum pernah mencapai fase gugur Piala Dunia dari tiga kali penampilan (1994, 2002, 2014). Mereka finis ketiga dalam ketiga edisi tersebut. Kini, sebagai tuan rumah Rusia memiliki kesempatan memperbaiki catatan.(Coi/Aka)