Peringati Hari Santri, Wali Kota Malang Bagikan Bonus Santriwan-Santriwati Berprestasi

Wali Kota Malang Sutiaji membagikan bonus kepada santri berprestasi di Balai Kota Malang, Kamis (22/10). (Humas Pemkot Malang)
Article top ad

MALANGVOICE – Pemkot Malang menggelar apel Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2020 di halaman depan Balaikota Malang, Kamis (22/10). Seluruh ASN di lingkungan Pemkot Malang mengenakan busana muslim putih dan bersarung serta menggunakan peci bagi laki-laki.

Bertindak sebagai Pembina Apel, Wali Kota Malang, H. Sutiaji menyampaikan, bahwa memaknai Peringatan Hari Santri dalam konteks dulu dan kini adalah sama. Pesantren adalah lembaga yang mandiri. Nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan sesungguhnya sudah terpatri dalam kehidupan pesantren.

“Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Kebhinnekaan inshaallah sudah terpatri dalam nilai-nilai santri,” ujarnya.

Tema Hari Santri 2020, yakni Santri Sehat Indonesia Kuat. Tema ini dipilih mengingatkan peran penting santri dalam menghadapi pandemi Covid-19, mengingatkan kita semua harus lebih berhati-hati dalam mengikuti protokol pencegahan Covid-19. Walikota Sutiaji mengajak seluruh santriwan-santriwati untuk menjadi pelopor kebaikan, apalagi di situasi pandemi. Ia meminta kepada seluruh santri untuk memviralkan perilaku baik seperti memakai masker, physical distancing, dan cuci tangan dengan sabun.

Selanjutnya di Ruang Sidang Balai Kota Malang, santriwan-santriwati berprestasi dalam pospeda (pekan olahraga seni antar ponpes tingkat daerah) diberikan penghargaan dan bonus. Kota Malang meraih 35 medali dalam Pospeda tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2019, diantaranya 19 medali emas, 6 medali perak dan 10 medali perunggu.(der)