Peringati Hari Santri, DewiSri Ziarah Makam Pendiri NU

Cabup dari PDIP, Hj Dewanti Rumpoko-Hj Masrifah Hadi, ziarah ke makam tokoh pendiri NU di Singosari.

MALANGVOICE – Pasangan Cabup-Cawabup dari PDIP, Hj Dewanti Rumpoko-Hj Masrifah Hadi, berziarah ke makam tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Muhammad Thohir atau dikenal sebagai Mbah Bungkuk, di kompleks Pondok Pesantren Miftahul Falah, Desa Pagentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, hari ini.

Pasangan Dewi Sri disambut tokoh masyarakat dan Muslimat NU yang sekaligus Pengasuh Ponpes Al-Islahiyah Singosari, Hj Anisah Mahfudz, serta puluhan santri dari pondok di Jalan Masjid Singosari ikut bergabung.

Cabup Dewanti Rumpoko mengaku, semua pihak harus mengambil makna di balik peringatan Hari Santri Nasional.

BNN Kota Malang

“Kami mengajak diri kami sendiri dan masyarakat untuk meneladani perilaku dan akhlak para kiai dan santri,” kata Dewanti.

Dikatakan, santri selalu mengedepankan nilai-nilai moral dan perilaku santun dan terdidik.

Sedangkan ziarah ke makam pendiri NU sebagai bentuk penghormatan kepada kalangan pesantren dan secara khusus pada tokoh ulama yang dimakamkan di kompleks Pondok Bungkuk Singosari.

Di kompleks Pondok Bungkuk terdapat makam KH Hamimuddin (wafat 1850 M), KH Muhammad Thohir (wafat 1980 M). “Beliau-beliau berkontribusi dalam kehidupan masyarakat, kami harus ambil hikmahnya dan mencontoh para tokoh ulama ini,” paparnya.