09 February 2023
09 February 2023
27.4 C
Malang
ad space

Peringati Hari Persahabatan, KKN 34 UMM Sosialisasikan Anti-Bullying

MALANGVOICE – Dalam rangka memperingati hari persahabatan internasional, mahasiswa Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 34 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mensosialisasikan gerakan anti bullying kepada siswa di SDN 01 Ngadirejo, Jabung. (29/7).

“Melihat maraknya korban bullying yang terjadi di Indonesia, dirasa perlu untuk melakukan sosialisasi untuk siswa sekolah, khususnya pada tingkat sekolah dasar(SD) sebagai tindak prefentif dan pengenalan semenjak dini” ujar Ketua Pelaksana, Shelviana, kepada MVoice. Selasa (22/8).

Serangkaian aktivitas sosialisasi. (dok KKN 34)

Dia menambahkan, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat, tahun 2016 korban bullying mengalami penurunan kasus yaitu 122 kasus. Namun diluar ekspetasi, bullying justru mengalami peningkatan di tahun 2017 menjadi 131 kasus.

“Bullying ini juga kita temui di sekolah-sekolah disini. Terutama antar kakak kelas dengan adik kelas,” katanya.

KKN 34 UMM melakukan sosialisasi pada siswa-siswa sekolah dasar khususnya pada kelas 4, 5, dan 6 untuk mengetahui apa itu bullying, bahaya dari tindakan bullying dan peringatan untuk tidak melakukan bullying. Prosedur pelaksanaannya diawali dengan pemberian sosialisasi yang dilakukan di kelas, menjalankan serangkaian proses acara yang disiapkan divisi sosial budaya KKN 34 UMM, dan acara ditutup dengan melakukan cap tangan di selembar kain putih dengan cat warna.

“Mereka sangat antusias. Setidaknya ada 200 siswa yang ikut sosialisasi,” kata dia.

KKN 34 berharap, dengan diadakannya sosialisasi tersebut, anak-anak di desa Ngadirejo dapat memahami bullying tindakan buruk. Sehingga angka kasus bullying di Indonesia juga menurun.


Reporter: Anja Arowana
Editor: Deny Rahmawan
Publisher: Yuliani Eka Indriastuti

Berita Terkini

Arikel Terkait