Peringati Hari Pahlawan, Wali Kota Batu Ajak Generasi Muda Berprestasi

Upacara peringatan Hari Pahlawan di Halaman Timur Balai Kota Among Tani, Minggu (10/11). (Foto : Humas for Mvoice)
Upacara peringatan Hari Pahlawan di Halaman Timur Balai Kota Among Tani, Minggu (10/11). (Foto : Humas for Mvoice)

MALANGVOICE – Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengamanatkan peringatan Hari Pahlawan sebagai momentum menghargai jasa dan pengorbanan pahlawan Tanah Air.

“Maknai hari pahlawan ini dengan bekerja membangun negeri untuk Indonesia maju,” ucap Bude sapaan akrab Dewanti Rumpoko Wali Kota Batu saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Halaman Timur Balai Kota Among Tani, Minggu (10/11).

Menurut dia, nilai-nilai kepahlawanan saat ini bukan soal pengorbanan atau mengusir penjajah. Melainkan menorehkan prestasi dan mengharumkan nama bangsa di panggung internasional.

BNN Kota Malang

Lebih lanjut, ia menambahkan bila siapa pun dapat menjadi pahlawan. Kemudian nilai-nilai kepahlawanan harus ditanamkan ke generasi muda. Sebab, mereka yang akan menjadi pahlawan masa kini.

Oleh sebab itu ia berharap agar momen ini dapat menjadi pelecut semangat generasi muda untuk berinovasi.

“Nah, untuk menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan siapapun dalam bentuk aksi nyata memperkuat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujarnya.

“Contohnya seperti tolong-menolong, tidak memprovokasi, tidak menyebarkan hoaks, dan tidak merugikan orang lain,” imbuhnya.

Perlu dikehtaui, dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan tersebut dimulai dengan mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang perjuangan dan jasa pahlawan.

Setelah menghadiri upacara peringatan Hari Pahlawan, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menuju Taman Makam Pahlawan di Jalan Suropati, Kecamatan Batu.

Sesampainya di sana mereka berpencar dengan didampingi pelajar sekolah dasar (SD) untuk menaburkan bunga di masing-masing nisan para makam pahlawan.

“Kami kirim bacaan Al Fatihah untukmu pahlawan ku,” kata Dewanti.(Der/Aka)