Peran Penting Suami untuk Mendukung Istri saat Menyusui

Ilustrasi

MALANGVOICE – Menyusui merupakan tindakan yang sering dikaitkan dengan seorang ibu.

Padahal peran suami sangat dibutuhkan dalam mendukung kesuksesan menyusui dan menunjang kelancaran ASI. Sebab, ASI sangat penting untuk pertumbuhan bayi.

Kehadiran suami tidak hanya untuk meringankan beban ibu dalam mengurus pekerjaan rumah tangga dan perawatan bayi. Tapi juga harus memberikan rasa nyaman dan rileks.

BNN Kota Malang

Meski terlihat sepele, menyusui membutuhkan tenaga ekstra. Momen menyusui dapat membuat ibu frustasi terlebih jika ada beberapa masalah di dalamnya seperti buah hati tidak mau menyusu, ASI (Air Susu Ibu) tidak lancar dan ibu kelelahan hebat.

Oleh sebab itu, agar ibu tak merasa frustasi atau baby blues, peran ayah untuk menyemangati istri sangat dibutuhkan. Karena suami berkontribusi banyak dalam membahagiakan istri selama menyusui.

Melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkum beberapa hal penting dilakukan suami demi mendukung istri saat menyusui.

1. Pastikan Asupan Gizi sang Istri

Suami harus memastikan istri mendapat asupan nutrisi dan gizi baik selama menyusui. Ini akan meningkatkan produksi ASI dan memperlancar ASI selama menyusui. Kurangnya nutrisi dan gizi selama menyusui bisa menurunkan produksi ASI.

2. Beri Dukungan ke Istri

Suami harus memberi dukungan penuh ke istri selama menyusui. Suami juga harus lebih sabar dan pengertian terhadap istri. Membiarkan istri kelelahan seorang diri mengurus buah hati akan menambah beban fisik juga pikiran istri.

3. Luangkan Banyak Waktu untuk Istri

Usahakan agar suami memiliki lebih banyak waktu bersama istri dan buah hati. Semakin banyak waktu suami bersama istri, semakin dekat keduanya. Ini juga membuat istri semakin nyaman serta tenang. (Hmz/Ulm)