Lomba Inovasi Teknologi 2017

Pendaftaran Gratis, Total Hadiah Rp 60 Juta

Wali Kota Malang, HM Anton, menyerahkan hadiah kepada pemenang Inotek 2016 lalu. (Dok)
Wali Kota Malang, HM Anton, menyerahkan hadiah kepada pemenang Inotek 2016 lalu. (Dok)

MALANGVOICE – Ajang bertajuk Lomba Inovasi Teknologi (Inotek) 2017 yang digeber Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang memperebutkan total hadiah Rp 60 juta. Kepala Barenlitbang, Wasto, menegaskan, para peserta tidak dipungut biaya apa pun.

“Pendaftarannya gratis,” tegas mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) itu. Dalam ajang ini, lanjut Wasto, inovasi yang dimaksud adalah suatu proses pengembangan, dan/atau perekayasaan bertujuan mengembangkan penerapan praktis, nilai dan konteks ilmu pengetahuan baru, cara atau metode baru.

“Ini untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka pemenuhan kebutuhan, kelangsungan dan peningkatan mutu kehidupan manusia. Inotek dapat berupa penelitian, pengembangan, demonstrasi dan penyebaran yang mengarah pada pengembangan Iptek,” paparnya.

Terdapat empat bidang lomba, yaitu agribisnis, lingkungan hidup, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta bidang energi. Peserta lomba adalah individu/kelompok/tim. Wasto menambahkan, lomba ini diperuntukan kepada seluruh warga Kota Malang dan inovasi yang dilombakan belum pernah mendapatkan juara dalam lomba mana pun.

“Para inovator terpilih sebagai pemenang akan diikutkan pada lomba Inotek tingkat provinsi dan berbagai event nasional,” pungkasnya.