Marak Pohon Tumbang di Kota Malang

Penanganan dan Antisipasi Pohon Tumbang, Begini Langkah DPKP

Petugas gabungan membersihkan pohon tumbang di depan RSUD dr Saiful Anwar. (Muhammad Choirul)
Petugas gabungan membersihkan pohon tumbang di depan RSUD dr Saiful Anwar. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Malang tak menutup mata pada maraknya pohon tumbang akibat angin kencang. Bersama sejumlah instansi lain, pihaknya langsung menerjunkan petugas, Selasa (7/2), ke beberapa lokasi kejadian.

Khusus untuk penanganan di Jalan Jaksa Agung Suprapto, tepatnya depan RSUD dr Saiful Anwar, pihaknya bekerjasama dengan PLN. “Kami langsung berkoordinasi dengan LLN, karena di sana pohon tumbang menimpa kabel listrik,” ungkap Kepala DPKP, Erik Setyo Santoso.

Menurut Erik, pada musim penghujan dan tingginya tingkat kerawanan angin kencang seperti saat ini, memang potensi pohon tumbang juga besar. Dari data sementara, mayoritas pohon yang tumbang memang berusia tua.

Kendati begitu, faktor utama penyebab pohon tumbang bukan semata-mata karena usia, tetapi juga tergantung jenis pohon. Dia menyebut, sejauh ini, pohon yang tumbang antara lain berjenis Tabebuya, Sengon Buto, dan Kenari.

Dia menegaskan, selanjutnya akan mengambil sejumlah langkah antisipasi. “Kami akan antisipasi dengan perempesan atau pengurangan beban pohon. Dengan begitu potensi lebih kecil,” pungkasnya