Pemkot Malang Berencana Bikin Jalan Tembus Dieng-Batu

Kepala Bappeda Wasto (Kanan) bersama Wali Kota Malang HM Anton

MALANGVOICE – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang, tahun ini sedang mempersiapkan akses jalan tembus kawasan Dieng hingga Gending, Kota Batu.

Jalan ini nantinya dapat digunakan sebagai alternatif pengurai kepadatan lalu lintas di seputaran kawasan Merjosari, Karang Besuki, Tidar hingga daerah Dinoyo.

Kepala Bappeda Kota Malang, Wasto mengatakan, upaya realisasi jalan tembus ini setidaknya harus berkoordinasi dengan dua Bappeda lain yakni Kabupaten Malang dan Kota Batu, karena lokasi jalan melewati area dua pemerintahan tersebut. “Kita akan sinergikan dengan Pemda lain soal ini,” ucap Wasto, Kamis (3/9)

BNN Kota Malang

Saat ini proses masih dalam tahapan feasibility study (FS) atau kajian mengenai kelayakan pembangunam. Nantinya setelah ada FS dan ada kesepakatan antara Pemda, maka nanti akan dilanjutkan dengan mekanisme pembuatan detil engineering design (DED) proyek.

“Bila Pemda sepakat maka akan diteruskan,” tandasnya.

Intinya, lanjut Wasto, jalan tembus ini dilakukan guna mengurangi kepadatan arus. Namun, saat ini pihaknya masih belum bisa menentukan jalur, titik dan kebutuhan lahan menunggu hasil kajian.-