Pemkot Batu Rencanakan Bangun Tol Tembus Direspon Pemprov Jatim

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat bersama dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (Foto: Ayun)

MALANGVOICE – Keinginan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko untuk membangun tol tembus mendapat respon segar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Karena, selama tiga tahun diusulkan tidak ada tanggapan. Padahal, keinginan tersebut agar bisa mengatasi kemacetan.

Saat memberikan sambutan dalam kegiatan Penganugerahan Penghargaan “Wanita Satu Digit” ke Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa Rabu (6/3) kemarin. Dewanti mengatakan jalan tol atau jalan tembus itu sangat dibutuhkan di Kota Batu untuk mengurai kemacetan.

”Saya sangat menginginkan jalan itu segera terwujud. Apalagi, jalan tol itu memang dibutuhkan di Kota Batu. Mungkin, melalui Ibu Gubernur Jatim bisa terwujud keinginan kami itu,” ungkapnya.

Sebelumnya, dia mengungkapkan jika sudah mengajukan sejak tiga tahun lalu. Akan tetapi dirinya tidak mendapat tanggapan. Sehingga Dewanti berharap setidaknya tahun ini atau tahun 2020 bisa terwujud rencana tersebut.

Adanya hal tersebut, Khofifah pun menyambut baik keinginan pembangunan jalan tol tembus itu. Dia menyampaikan jika keinginan itu sudah dibicarakan. Akan tetapi masih dalam ranah perhubungan saja.

”Memang kami sudah membicarakan hal itu dan melakukan komunikasi dengan Dinas Perhubungan. Di sisi lain, kami belum tahu titiknya dimana saja. Dan mana yang bisa dijadikan jalan itu,” paparnya.

Meski begitu, dia memastikan usulan tersebut merupakan usulan yang bagus. Sehingga menurutnya bisa untuk dipertimbangkan dan dilaksanakan pembangunan. ”Memang usulan itu keinginan untuk mengatasi padatnya lalu lintas. Akan tetapi harus melalui proses assessment dulu. Kita hitung dulu berapa anggaran yang harus dibutuhkan nantinya,” pungkasnya. (Der/Ulm)