Pemkab Malang Sewa Mobil Lab untuk Swab Seluruh ASN

Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat. (Toski D)
Article top ad

MALANGVOICE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, bakal menyewa mobil laboratorium untuk melakukan tes swab massal bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab setempat.

“Langkah itu dilakukan karena adanya sejumlah ASN yang terpapar dan meninggal akibat Covid-19. Dengan kondisi itu, maka di memungkinkan dilakukan swab kepada semua ASN,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, saat dikonfirmasi Senin (25/1).

Menurut Wahyu, dengan adanya mobil laboratorium tersebut, diharapkan dapat menekan penyebaran virus covid-19 di lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Malang, yang saat ini dinilai semakin tidak terkendali.

“Pekan lalu beberapa kantor SKPD sempat ada yang kita Lockdown, karena ada staffnya yang terpapar virus covid-19 seperti BKPSDM, DLH, Barenlitbang, dan 2 staff BKAD meninggal dunia,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Wahyu, Pemkab Malang langsung menyewa mobil Laboratorium milik Pemerintah pusat, agar dapat mendeteksi dengan cepat ASN yang dikhawatirkan terpapar virus covid-19.

“Kita sewa milik pusat, untuk besaran anggaran saya lupa, yang mengerti Dinas Kesehatan (Dinkes),” jelasnya.

Sebab, tambah Wahyu, di Kabupaten Malang ada sekitar 10.000 ASN, untuk bisa dilakukan tes swab secara menyeluruh maka akan dilakukan secara bertahap.

“Sementara ini kita sewa 1 unit dulu, untuk harga sewa per harinya silahkan tanya ke Dinkes, saya gak apal,” tukasnya.

Sebagai informasi, dalam pemberitaan sebelumnya, Sekda Kabupaten Malang menyebut ada 11 ASN dilingkungan Pemkab Malang yang terpapar Covid-19, dan 2 ASN yang meninggal akibat terkonfirmasi positif Covid-19.(der)