Pembangunan SPAM Sungai Lesti Telan Anggaran Rp500 Miliar

Lesti
Direktur Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi (Kanan) saat menemani Bupati Malang HM Sanusi meninjau sungai Lesti. (Toski D).

MALANGVOICE – Perumda Tirta Kanjuruhan merencakanan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Pembangunan ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih di 6 kecamatan di wilayah Malang Selatan yakni Kecamatan Bantur, Pagak, Donomulyo, Subermanjing Wetan, Gedangan dan Kalipare.

Pembangunan SPAM tersebut akan dimulai tahun 2021 mendatang dengan menelan anggaran sebesar sekitar Rp 500 miliar.

“Anggaran pembangunan SPAM sebar Rp500 miliar itu, bersumber dana dari pusat, provinsi dan Pemkab Malang,” ungkap, Direktur Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi, Kamis (17/9).

Menurut Syamsul, pembangunan SPAM ini rencananya akan dikerjakan selama dua tahun dan akan mengambil air permukaan atau air sungai Lesti.

“Di sungai Lesti ini memiliki kapasitas aliran yang mencapai 22 ribu liter per detik pada musim kemarau, dan pada musim hujan dapat mencapai 30 ribu liter per detik nya,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Syamsul, dirinya telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Perum Jasa Tirta (PJT) I, dan Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWSB), dan anggaran pembangunannya melibatkan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah.

“Kalau prosentasenya, 30 persen Pemerintah Daerah (Pemkab Malang) dan 70 persen sisanya, antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi,” pungkasnya.(der)