Pembangunan Pasar Batu Tahap Dua Disiapkan Rp 5 Miliar

Pasar Batu unit sayur. (Aziz /MVoice)
Pasar Batu unit sayur. (Aziz /MVoice)
Article top ad

MALANGVOICE – Pembangunan Pasar Batu unit sayur Jalan Dewi Sartika Kota Batu tahun ini berlanjut. Menyusul tahap pertama yang menelan anggaran Rp 9 miliar tahun lalu.

Pemkot Batu mengalokasikan APBD 2018 sejumlah Rp 5 miliar untuk melanjutkan ke tahap dua pembangunan. Sebelumnya, proyek ini harus melalui proses lelang.
Sebab proyek ini bukan pembangunan multiyears.

Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Batu, Chairul Sjarif Tartilla membenarkan bahwa pihaknya akan melanjutkan pembenahan pasar unit sayur tahun ini. Diperkirakan proses lelang pengadaan dimulai Maret ini.

“Tahun ini akan dilanjutkan pembangunannya. Seperti tahun kemarin, pembangunan akan dilelang. Secepatnya, bulan ini sudah masuk,” kata Chairul ditemui MVoice beberapa waktu lalu.

Chairul menambahkan, tahap kedua ini lebih tepatnya proyek pemasangan atap di bagian tengah pasar unit sayur. Kemudian pembangunan bedak-bedak terbuka di tengah bangunan proyek tahap pertama. Bedak terbuka ini juga berfungsi sebagai tempat berjualan.
Namun, untuk desain detail, dia belum memastikannya. Sebab, perlu mengikuti permintaan sesuai kebutuhan dari dinas yang membidangi.

“Kami mengikuti dinas leading sektornya. Anggarannya nanti lebih kecil dari tahap pertama sekitar 5 miliar rupiah,” tutupnya.

Seperti diberitakan, pembangunan tahap pertama pasar unit sayur, dibangun berjumlah ada 40 unit bedak untuk ukuran 3×5 meter. Sedangkan, bedak berukuran 3×3 meter sejumlah 96. Dengan demikian totalnya 136 unit kios.(Der/Aka)