Pelebaran Jalan, Box Culvert Dipasang di Kota Batu

Sungai yang berada di Jl. Raya Pattimura, Temas, Kec. Batu, Kota Batu (Foto: Ayun)

MALANGVOICE – Mengantisipasi kemacetan yang kerap terjadi saat libur panjang, Pemkot Batu bakal menutup sungai dengan Box Culvert. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu Alfi Nurhidayat.

“Beberapa waktu lalu kami mengajukan program ini ke gubernur untuk mengatasi permasalahan kemacetan di Kota Batu. Juga disaksikan oleh Bu Khofifah dan ia pun menyetujui,” ujarnya

“Nah, nantinya sungai itu akan kita tutup dengan box culvert, tapi untuk sungai tertentu saja,” imbuhnya

BNN Kota Malang

Perlu diketahui box culvert merupakan gorong-gorong cor yang berfungsi untuk mengalirkan air (air limbah, irigasi, air hujan) yang melewati bawah jalan, karena tertutup, bagian atas gorong-gorong memungkinkan untuk dilewati.

Alfi juga menambahkan untuk rencana penutupan box culvert itu nantinya tanpa melakukan sistem tebang pohon. Sehingga konsep tersebut memungkinkan penambahan lebar jalan dari 6 meter menjadi 12 meter.

“Terlebih, Kota Batu ini kan sebagai kota wisata yang banyak dikunjungi. Sehingga kemacetan itu sering kali terjadi di jalan–jalan protokol. Mulai dari Jalan Ir Soekarno, Kecamatan Junrejo, hingga Jalan Pattimura, Kecamatan Batu,” tuturnya

Untuk pelaksanaan program ini masih belum diketahui kapan akan direalisasikan. Namun, ia mengatakan jika anggarannya akan diajukan ke pusat sehingga ikut dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Nah ini kan masih pengajuan ya, jadi jangan tanya terkait anggaran dulu. Yang jelas, melihat program ini tidak mungkin untuk menggunakan dana APBD kota maupun provinsi. Tapi skemanya APBN, jadi kita masih akan mengajukan ini ke pusat,” tandasnya.(Der/Aka)