Kota Malang Memilih Pemimpin

Pelayanan Kesehatan Jadi Fokus Paslon ASIK

ASIK saat mengunjungi kediaman warga di Samaan Klojen. (Istimewa)
ASIK saat mengunjungi kediaman warga di Samaan Klojen. (Istimewa)

MALANGVOICE – Dalam blusukannya di Jalan Kaliurang Barat, Samaan, Klojen, Kota Malang, pasangan calon (paslon) Anton-Syamsul ‘ASIK’ dengarkan keluhan warga soal pelayanan kesehatan, Senin (5/3).

Anton mengungkapkan bahwa pada periode sebelumnya saat dirinya menjabat sebagai Wali Kota terus berupaya memperhatikan kesehatan warga Kota Malang, khususnya warga kurang beruntung melalui berbagai program pemerintah, seperti BPJS Mandiri gratis, Jampersal (Jaminan Persalinan) dan program lainnya.

Menurutnya, BPJS Mandiri amat penting dan wajib diikuti seluruh masyarakat. Lanjutnya, apabila terkendala biaya, bisa meminta pengantar dari RT/RW setempat dan diajukan ke Dinas Kesehatan Kota Malang.

“Ke depan saya dan Syamsul akan meningkatkan jaminan kesehatan masyarakat, yang tentu ini menjadi harapan masyarakat. Dan masyarakat sudah menyampaikan pada kami bahwa apa yang sudah diberikan pemerintah melalui BPJS mandiri secara gratis itu merupakan upaya yang sangat baik dan perlu ditingkatkan lagi,” ujar Anton.

Lebih lanjut Anton menambahkan, bagi ibu hamil kurang mampu di Kota Malang tidak perlu khawatir saat melakukan persalinan. Dikarenakan Pemerintah Kota Malang akan menanggung biaya persalinan warga tidak mampu melalui Jampersal.

Dengan keberlanjutan program Jampersal tersebut, diharapkan dapat menekan angka kematian ibu yang melahirkan dan bayi. Semuanya tanpa dipungut biaya mulai dari pemeriksaan di puskesmas dan keterbatasan transportasi.

“Ini sudah berjalan. Jampersal ini upaya kami membantu anak lahir sehat. Saya bersama-sama Syamsul berkomitmen untuk terus mengembangkan jaminan kesehatan masyarakat. Ini untuk mewujudkan Malang sebagai Kota sehat dan bersih,” tukasnya.(Der/Ak)