Pelatihan SAR, Siap Cetak Relawan Tangguh

Pelatihan relawan SAR. (deny)
Pelatihan relawan SAR. (deny)

MALANGVOICE – Demi mencetak relawan SAR yang tanggap dan tangguh, tim Surya Bhirawa Rescue menggelar pelatihan pada 30 peserta di kawasan wisata Lembah Dieng, Dau, Kabupaten Malang.

Tim rescue bentukan Resimen Mahasiswa (Menwa) itu menggandeng BNPB dan Jakarta Rescue untuk memberikan materi pelatihan.

Hasilnya, setelah tiga hari pelatihan sejak Jumat (24/2) lalu, para peserta dari santri, Santana, anggota mahasiswa dan SAR Dog resmi dilantik menjadi relawan dan siap membantu apabila ada bencana.

BNN Kota Malang

“Kami ingin mencetak relawan yang tangguh dengan skill penanganan bencana yang mumpuni,” kata Ketua Surya Bhirawa Rescue, Zamzami.

Betapa tidak, para relawan diajari beberapa macam situasi penanganan seperti vertical rescue, penyelamatan korban sakit jantung, mengeluarkan korban dari atas gedung dan banyak hal.

Sementara untuk SAR Dog, difungsikan membantu tugas pencarian korban yang tertimbun longsor atau mencari korban lain akibat bencana. “Kami banyak simulasi atas situasi yang terjadi saat bencana. Hasilnya luar biasa,” lanjutnya.

Danramil Klojen, Kapten Arh Heri Widodo, mengaku bangga dengan tekad tim SAR yang serius mencetak relawan tangguh.

“Semoga hasil ini bisa menjadi bekal saat menangani bencana sesungguhnya,” ujarnya mewakili Dandim 0833/Kota Malang, Letkol Arm Aprianko.