Pelaksanaan Pilkades Gelombang III Bakal Digelar Juni

Pelaksanaan Sosialisasi Pilkades di Pendopo Agung Jalan Agus Salim Kota Malang. (Toski D)
Pelaksanaan Sosialisasi Pilkades di Pendopo Agung Jalan Agus Salim Kota Malang. (Toski D)

MALANGVOICE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bakal menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) gelombang III pada Juni 2019 mendatang.

Pilkades itu diikuti sebanyak 268 Desa yang tersebar diseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Malang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono mengatakan pelaksanaan Pilkades yang digelar secara serentak ini bakal dilakukan pada Minggu 30 Juni 2019 nanti.

BNN Kota Malang

“Untuk itu, hati ini kami menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi pembinaan rencana pelaksanaan Pilkades serentak untuk mewujudkan Pilkades yang sukses, demokratis, bersih dan aman,” ungkapnya.

Jadwal pelaksanaan Pilkades tersebut, lanjut Didik, diajukan yang awalnya akan digelar pada bulan Oktober.

“Setelah dilakukan rapat koordinasi dengan perwakilan dari Kepala Desa dan Wakil Bupati. Maka Pelaksanaan Pilkades gelombang III ini disepakati digelar pada Juni nanti,” jelasnya.

Untuk itu, tambah Didik, pihaknya mengajak pihak-pihak terkait untuk berpartisipasi aktif untuk mengerahkan segenap perhatian, kinerja dan komitmen terbaik, demi kesuksesan pilkades serentak gelombang ketiga ini.

“Karena, dalam setiap tahapan pilkades itu, sangat membutuhkan peran semua pihak. Sebab, keterlibatan semua pihak itu saling melengkapi,” ulasnya.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat mewujudkan Pilkades gelombang III sebagai titik tumpu untuk menuju kesuksesan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang.

“Pilkades ini merupakan momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi, sebab masyarakat mempunyai peranan penting dalam menentukan arah kebijakan Pemerintah Desa sesuai kebutuhan masyarakat. Kades sebagai pimpinan penyelenggaraan pemerintahan desa diharapkan menjadi figur yang peka terhadap segala sesuatu yang terjadi di masyarakat untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang adil makmur sejahtera lahir dan batin,” pungkasnya.(Der/Aka)