PDAM Kabupaten Malang Kerja Sama dengan Perhutani Kelola Sumber Mata Air

Direktur PDAM Kabupaten Malang, Syamsul Hadi.(dok/MVoice)
Direktur PDAM Kabupaten Malang, Syamsul Hadi.(dok/MVoice)

MALANGVOICE – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang meneken kerja sama dengan Perhutani dalam mengelola sumber mata air. Kerja sama tersebut dilakukan lantaran sebagian sumber air berada di wilayah Perhutani.

Direktur PDAM, Syamsul Hadi, mengatakan, terdapat 200 titik sumber air yang berada di wilayah Kabupaten Malang dan sebagian besar berada di teritorial Perhutani. “Nanti dilakukan pendataan di mana saja yang akan dikelola ke depannya,” katanya, saat berbincang dengan MVoice.

Langkah ini untuk mensukseskan program pusat yang tertuang dalam RPJMN. Yakni terwujudnya 100 persen air bersih di masyarakat, bebas dari kawasan kumuh dan 100 persen sanitasi. PDAM sendiri, kata Syamsul, turut andil dalam menyediakan air bersih ke masyarakat.

Pihaknya juga menjali komitmen dengan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya. Di mana, PDAM berwenang penyediaan air di wilayah perkotaan dan Cipta Karya di desa.

Hingga sekarang, lanjut dia, di Kabupaten Malang sudah mencapai 90,3 persen air bersih. Pihaknya mempunyai tanggung jawab 10 persen untuk penyediaan air bersih.

“Secara keseluruhan. Selain memakai air PDAM, juga ada sumur bor di masyarakat dan swadaya Cipta Karya. PDAM berperan 30 persen menyediakan air bersih,” paparnya.


Reporter: Miski
Editor: Deny Rahmawan
Publisher: Yunus Zakaria