Malang Tempo Doeloe

Parut Kelapa Warnai Pembukaan Malang Tempo Doeloe

Suasana pemarutan kelapa bersama.
Suasana pemarutan kelapa bersama.

MALANGVOICE – Pembukaan Festival Malang Tempo Doeloe (MTD) di Jalan Simpang Balapan berlangsung meriah, Minggu (12/11). Pejabat yang hadir mulai dari Wali Kota, Ketua DPRD, Kapolres, dan lainnya memarut kelapa bersama sebagai pembukaan simbolik acara tersebut.

Memarut kelapa merupakan kegiatan yang dipilih karena merupakan tindakan yang kerap dilakukan pada zaman dahulu. Hasil parutannya digunakan sebagai bahan makanan dan minuman.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi juga hadir memberikan sambutan. Menurutnya, MTD menjadi wahana warga Malang untuk menghargai sejarah dan mengenang jasa pahlawan.

“Saya kira penting untuk generasi muda untuk mengenal dan mempelajari sejarah Kota Malang agar bangga jadi arek Malang,” katanya.

Pembukaan MTD disaksikan oleh seluruh pengunjung dan diikuti 15 institusi pendidikan dan swasta bersama-sama memarut kelapa. Mereka semua mengenakan busana tradisional tempo dahulu.

MTD dimeriahkan 140 lebih stan yang menyajikan makanan dan minuman zaman dahulu. Masyarakat terpantau sudah memadati lokasi sejak pagi.(Der/Aka)