Pangdam V Apresiasi BPBD Kota Batu Soal Penanganan Kebakaran Hutan

Panglima Kodam V Brawijaya Mayor Jendral TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi saat berada di Balai Kota Among Tani, Senin (5/8). (Foto: Ayun/MVoice)
Panglima Kodam V Brawijaya Mayor Jendral TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi saat berada di Balai Kota Among Tani, Senin (5/8). (Foto: Ayun/MVoice)
Article top ad

MALANGVOICE – Panglima Kodam V Brawijaya Mayor Jendral TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi menilai efektif langkah penanganan kebakaran hutan di Gunung Arjuna dan Panderman.

Menurutnya dengan mendatangkan helikopter RA22747/Mi 8 dari Pangkalanbun, Kalimantan Tengah untuk melakukan Water Bombing sangat tepat.

“Kami sangat mengapresiasi BPBD Kota Batu dan Pemkot Batu serta seluruh jajaran yang turut andil menuntaskan kebakaran. Ternyata dari BPBD kota Batu sudah tepat langkah yang dilakukan,” ujarnya.

Menurutnya, keputusan Water Bombing dinilai tepat lantaran banyak medan yang tidak bisa dijangkau melalui jalan darat.

“Dengan menggunakan Water Bombing pemadaman bisa dilakukan dengan baik. Jadi, sekarang saya tinggal menyakinkan di titik-titik kebakaran. Karena kemarin sudah tepat sekali BPBD mengajukan water bombing,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia merekomendasikan agar BPBD Kota Batu untuk tetap melaksanakan apa yang sudah dilakukan. Jangan sampai ada bara yang bisa menimbulkan kebakaran susulan.

Selain itu, ia juga menyarakan agar dilakukan sosialisasi ke masyarakat setelah terjadinya kebakaran hutan.

“Sosialisai ke masyarakat ini sangat penting. Terutama yang berada di daerah gunung, jadi dalam kejadian ini semua bersinergi dalam mengatasi kebakaran,” imbuhnya.

Sementara, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan berbagai usaha telah dilakukan agar kebakaran tidak meluas. Selain dengan manual juga telah dilakukan dengan water bombing beberapa hari lalu.(Der/Aka)