Pamer Keunikan, Adat Jawa Dipilih di Karnaval Warga Lesanpuro

MALANGVOICE – Melestarikan budaya lokal, RT 05, RW 07 Lesanpuro, Sawojajar mengangkat tema adat Jawa dalam karnaval peringatan HUT ke-73 RI.

Selain mengenakan busana adat Jawa mereka juga menampilkan drama wayang orang dan mengangkat cerita tentang Gatotkaca dan Pergiwo yang sedang jatuh cinta.

“Tema yang kami ambil tentang kepemudaan, dan mengambil sisi jatuh cinta. Maksudnya pesan yang akan kami sampaikan adalah rakyat dapat jatuh cinta pada negara dan sebaliknya. Tidak seperti sekarang, rakyat dan pemerintah jauh,” tutur ketua tim RT 05, Heru Purnomo kepada Mvoice, Minggu (12/8).

BNN Kota Malang

Heru juga menyampaikan, dalam seremonial atau karnaval HUT RI sebaiknya mengangkat tema tentang budaya lokal. Dengan begitu budaya lokal bisa lebih dikenali masyarakat, terutama anak muda.

“Sekarang ini diakui atau tidak, budaya lokal semakin lama semakin tidak diminati. Makin lama makin hilang nanti. Dan kami berharap konsep budaya ini dapat tertularkan kepada peserta maupun yang melihat, khususnya generasi muda,” pungkasnya.

Selain itu, beberapa RT di lingkungan RW 07, mempunyai konsep yang berbeda-beda. Di antaraanya konsep budaya Madura, Barongsai, konsep olahraga dalam rangka mendukung Asian Games, dan lain sebagainya.(Der/Aka)