Pakai Sheet Mask Bikin Anda Jerawatan? Ini Alasannya

Istimewa

MALANGVOICE – Masker wajah merupakan salah satu cara untuk merawat kesehatan kulit. Kini banyak jenis masker wajah dijual di pasaran, mulai dari masker berbentuk krim, scrub dan kertas atau sheet mask, yang dikemas dengan beragam khasiat untuk kulit.

Nah, bagi kalian yang suka mengikuti tren perawatan wajah mungkin sudah tidak asing dengan sheet mask. Tren kecantikan asal Korea Selatan ini langsung jadi favorit karena praktis dan efektif merawat kulit menjadi lebih mulus, lembap, cerah, dan awet muda.

Namun tidak jarang pemakaian masker wajah jenis ini justru membuat wajah jadi beruntusan hingga muncul jerawat, karena beberapa alasan berikut.

BNN Kota Malang

1. Ritual Membersihkan Wajah yang Salah

Perlu diketahui ritual membersihkan wajah yang salah sebelum dan sesudah menggunakan sheet mask dapat membuat wajah berjerawat.

Pasalnya, malas membersihkan wajah dapat menyebabkan munculnya jerawat karena kotoran yang menempel menyumbat pori-pori. Sebaliknya, jangan membersihkan wajah setelah menggunakan sheet mask. Sebab dapat membuat kulit kehilangan kelembapannya.

Setelah melepas masker, beri waktu pada kulit agar essens yang terdapat pada sheet mask dapat diserap secara sempurna.

2. Kurang Memahami Penggunaannya

Selanjutnya, kesalahan yang paling sering dilakukan para pengguna sheet mask, yaitu penggunaan yang terlalu lama. Bahkan sering digunakan untuk tidur semalaman.

Padahal, kebiasaan ini justru dapat menyebabkan wajah berjerawat karena sheet mask yang kering tidak dapat menyerap kelembapan alami wajah. Dan menyebabkan produksi minyak meningkat.

Selain itu, banyak yang mengira kalau sheet mask cocok digunakan untuk wajah berjerawat. Padahal, kadar air yang tinggi dalam masker tersebut dapat meningkatkan jumlah bakteri di permukaan kulit karena perubahan suhu kulit yang terjadi tiba-tiba.

3. Pemakaian Tidak Sesuai Jenis dan Kebutuhan Kulit

Shert mask sebagai salah satu produk skincare, yidak dapat digunakan sembarangan. Dan harus disesuaikan dengan kebutuhan maupun jenis kulit.

Masker yang ditujukan khusus untuk kulit kering tentunya kurang cocok jika digunakan pada kulit yang berminyak.

Nah, jika masih sering kebingungan dengan kebutuhan kulit sendiri, cpba konsultasi ke dokter atau klinik kecantikan berpengalaman. Itu dapat menjadi solusi agar kamu dapat menemukan treatment yang tepat! (Der/Ulm)