Olahan Kambing Beberapa Negara yang Bisa Dicoba

MALANGVOICE – Tepat sudah hari ini, Rabu (22/8) umat Islam merayakan Idul Adha 1439. Nah, pastinya Anda sudah mendapatkan daging banyak ya, baik daging kambing maupun daging sapi.

Jika Anda bosen dengan masakan khas Indonesia terutama saat momen Idul Adha ini, maka cobalah menu dari berbagai negara ini. Melansir dari berbagai sumber, berikut macam-macam menu khususnya untuk daging kambing:

1. Lamb Kebab – Timur Tengah

BNN Kota Malang

Kalau bosan mengolah daging kambing menjadi sate biasa, bisa dicoba buat sate khas Timur Tengah atau biasa disebut kebab.

Bahan sausnya terbuat dari 175 ml yogurt, 2 buah jalapeno, cincang, 2 siung bawang putih, cincang, 3 sdm campuran mint dan peterseli cincang, ½ sdt garam dan setengah sdt merica hitam bubuk.

Sedangkan untuk dagingnya siapkan 500 g daging kambing, cincang, 1 sdm cabai merah kering bubuk (flakes), setengah sdt jintan bubuk, 2 sdt ketumbar bubuk, seperempat sdt kayu manis bubuk, 4 cm jahe parut, 100 g bawang bombai cincang, 2 siung bawang putih, cincang halus, 2 buah jalapeno, cincang dan 1¼ sdt garam.

Cara buatnya juga mudah. Tusukkan daging yang sudah dimarinasi, kemudian selingi dengan potongan bawang bombay dan sayuran. Bakar kebab hingga matang, sajikan. Hidangan satu ini untuk menemani kebersamaan bareng teman dan keluarga dekat.

2. Tagine – Maroko

Tagine merupakan salah satu kuliner mirip semur khas Maroko. Daging kambing yang dibumbui beragam rempah khas Maroko dimasak dalam wadah tanah liat yang dilengkapi dengan tutup berbentuk kerucut.

Bahannya sangat mudah yakni, 2 sdm minyak zaitun, 1 buah bawang bombay (cincang), 2 buah wortel (potong kecil-kecil), 500g kaki kambing (potong kotak-kotak), 2 siung bawang putih besar (hancurkan), 1/2 sdt jinten, 1/2 sdt bubuk jahe, 1/4 sdt saffron Maroko, 1 sdt bubuk kayu manis, 1 sdm madu, 100g kismis buah aprikot (potong embat bagian) dan 1 kubik kecil vegatable stock.

3. Lamb Rogan Josh – India

Menu satu ini merupakan salah satu jenis kari yang berasal dari wilayah Kashmiri, India. Hidangan ini terdiri dari potongan daging kambing yang dimasak dengan saus kental campuran bawang putih, jahe, dan beragam rempah aromatik.

Penggunaan rempah inilah yang membuat daging kambing tidak berbau. Selain itu, cara memasak dengan teknik slow cooking juga membuat tekstur daging menjadi empuk. Lamb rogan josh paling pas disantap dengan nasi hangat.

4. Greek Lamb Kletfiko – Yunani

Yunani salah satu negara yang memiliki kuliner khas dengan daging kambing. Masakan satu ini dinamakan Kleftiko, yaitu daging kambing yang direndam dalam perasan air lemon, bawang putih, dan minyak zaitun serta dimasak perlahan dalam wadah tertutup. Karena dimasak lama, tekstur daging kambing yang keras pun menjadi lebih empuk.

5. Spici Lamb Tacos – Meksiko

Taco merupakan salah satu makanan favorit orang Meksiko yang kepopulerannya sudah mendunia. Tak hanya orang lokal, makanan satu ini juga memiliki penggemar dari berbagai belahan dunia.

Kalau Anda ingin suasana yang berbeda saat Idul Adha, bisa buat kuliner satu ini. Bisa menyajikan taco dengan daging kambing yang dimarinasi dengan bumbu pedas, berbagai sayuran, roti tortilla, dan tak lupa saus guacamole sebagai pelengkap.(Der/Aka)