Nilai Siswa SMP Al-Ya’lu ini Tertinggi se-Kota Malang, Apa Rahasianya?

Hanif saat ditemui MVoice. (Anja)
Hanif saat ditemui MVoice. (Anja)

MALANGVOICE – Sekolah SMP Unggulan Al-Ya’lu Malang sedang berbangga. Karena salah satu siswanya mendapatkan nilai hampir sempurna pada Ujian Nasional 2018. Ialah Hanif Fatkhurrohman Abadi (15), mendapatkan rata-rata nilai 96.4. Hanif otomatis menjadi siswa peraih nilai UN terbaik se-Kota Malang.

Meski nilai UN SMP 2018 baru resmi diumumkan 28 Mei nanti, Hanif sudah mendapatkan informasi dari guru dan kepala sekolah SMP Al-Ya’lu. Untuk nilai UN IPA dan Matematika, Hanif mendapat nilai sempurna 100. Bahasa Indonesia 96 dan Bahasa Inggris 90. Hanif mengaku, soal Matematika dan IPA semuanya mudah, karena Hanif sudah terbiasa mengerjakan soal olimpiade sebelumnya. Untuk soal Bahasa Inggris, Hanif mengaku sedikit kesulitan lantaran kurang vocabulary (kosakata).

Hanif menceritakan, selain belajar di sekolah, Hanif juga rajin belajar di rumah setidaknya 3 jam setiap harinya. Terutama saat malam hari dan dini hari atau subuh seusai salat tahajud.

BNN Kota Malang
Kepala Sekolah SMP Unggulan Al-Ya'lu Malang. (Anja a)
Kepala Sekolah SMP Unggulan Al-Ya’lu Malang. (Anja a)

“Belajar di sekolah, latihan soal-soal pakai buku dari sekolah, buku bekas kakak, lalu belajar juga di rumah tiap malan, lalu pagi setelah bertahajud,” kata siswa yang hobi bersepeda dan nonton film ini, saat ditemui MVoice, Jumat (25/5).

Selain itu, Hanif mengatakan, untuk bisa mencapai nilai sempurna, salah satunya harus teliti. Saat mengerjakan soal Matematika dan IPA, Hanif memeriksa ulang hasil jawabannya. Sesekali Hanif kesulitan menemukan jawaban, Hanif tak menyerah dan terus menghitumg hingga hasilnya ketemu.

“Supaya rileks saat mengerjakan soal, harus banyak latihan soal jadi sudah terbiasa dengan soal-soal itu. Aku juga meneliti jawaban-jawabanku,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMP Unggulan Al-Ya’lu, Wiyanto, mengaku bangga dan bersyukur. Wiyanto berterima kasih pula pada Dinas Pendikan Kota Malang yang selalu membantu dalam mempersiapkan sarana dan prasarana belajar dan UN.

Pihak sekolah menjanjikan memberikan penghargaan bagi siswa Al-Ya’lu yang mendapat nilai 100 pada setiap subjek UN, dan siswa dengan rata-rata terbaik 10 besar. Seperti yang diketahui, 5 siswa Al-Ya’lu juga masuk dalam ranking 20 besar siswa peraih nilai rata-rata UN terbaik se-Kota Malang.(Der/Aka)