Hari Kesaktian Pancasila

Nelly Ajak Generasi Muda Refleksikan Nilai-Nilai Pancasila

Laily Fitriyah Liza Min Nelly. (Istimewa)
Laily Fitriyah Liza Min Nelly. (Istimewa)

MALANGVOICE – Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober mengandung makna penting bagi rakyat Indonesia, terutama generasi muda saat ini. Hal itu dikatakan tokoh masyarakat Malang, Laily Fitriyah Liza Min Nelly.

Wanita yang akrab disapa Nelly ini mengatakan, sebagai dasar negara Republik Indonesia, Pancasila mengandung makna yang sangat penting bagi perjalanan kemerdekaan negeri ini. Dari lima sila yang ada pada Pancasila bisa jadi pedoman seluruh rakyat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Namun, seiring dengan arus modernisasi yang terus melekat dalam kehidupan masyarakat, kata Nelly, semangat dan nilai-nilai Pancasila rasanya sudah mulai hilang dari peredaran, khususnya bagi generasi pemuda saat ini.

“Belum lagi, pengaruh kekuatan global yang kian merasuk, sehingga generasi penerus bangsa harus mampu membentengi diri agar tidak mudah terpengaruh,” katanya.

Karena itu, momen Hari Kesaktian Pancasila ini jadi kesempatan bagus bagi generasi muda, untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila.

Ketua DPD Perindo Kota Malang ini mencontohkan bagaimana memaknai nilai-nilai kesaktian Pancasila. Yakni dengan semangat kebangsaan Pancasila sebagai pengikat persatuan dan jangan mudah terprovokasi.

“Nilai-nilai itulah yang kemudian kita maknai sebagai sumber kekuatan dan energi untuk membangun kembali jati diri bangsa ini dengan mengamalkan apa yg terkandung dalam Pancasila,” tutupnya. (Der/Ulm)