Kota Malang Memilih Pemimpin

Nanda – Wanedi Siap Gratiskan Angkot untuk Pelajar

Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang, Ya'qud Ananda Gudban - Ahmad Wanedi, saat meluncurkan program 25 Aksi Menawan. (Muhammad Choirul)
Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang, Ya'qud Ananda Gudban - Ahmad Wanedi, saat meluncurkan program 25 Aksi Menawan. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Subsidi angkutan umum atau angkot, menjadi salah satu program Pasangan Calon Wali Kota Malang – Wakil Wali Kota Malang nomor urut 1, Dr Ya’qud Ananda Gudban – H Ahmad Wanedi. Program ini masuk dalam 25 Aksi Menawan yang telah dilaunching beberapa waktu lalu.

Subsidi bagi angkot ini dimaksudkan untuk menggratiskan tarif khusus pelajar. Selain itu, nantinya para ibu rumah tangga dan buruh pabrik serta pedagang kecil, juga bisa menikmati tarif gratis naik angkot.

Ya’qud Ananda Gudban, mengatakan, program subsidi angkutan umum ini telah dikonsultasikan dengan beberapa tim yang di dalamnya melibatkan pakar dari berbagai kampus.

“Subsidi Angkutan Umum ini merupakan solusi bagi para sopir angkot yang selama ini banyak mengeluhkan terkait pendapatan mereka,” ungkap Mbak Nanda, sapaan akrabnya.

Selain solusi bagi sopir angkutan umum, program ini juga diharapkan bisa mengatasi solusi kemacetan. Mbak Nanda dan Sam Wanedi melihat, selama ini utamanya pada pagi hari saat anak berangkat sekolah dan para buruh pabrik berangkat kerja, kemacetan kerap terjadi di beberapa titik karena mereka menggunakan kendaraan pribadi.

“Sehingga ini juga bagian dari upaya kami bagaimana memaksimalkan transportasi publik termasuk angkutan umum untuk mengatasi kemacetan,” tukasnya.

Selain membantu para sopir angkot, subsidi amgkutan umum ini juga meringankan beban masyarakat. Nantinya, para siswa sekolah, buruh pabrik, ibu rumah tangga yang hendak naik angkot tidak akan dibebankan biaya karena sudah di cover oleh pemerintah.

“Teknisnya sudah kami rancang dengan beberapa skema. Kalau memungkinkan, bisa pakai barcode atau semacamnya, kalau belum nanti bisa menggunakan sistem kupon dan juga sistem pengaturan waktunya,” imbuhnya.

Sementara, Calon Wakil Wali Kota Malang, H. Ahmad Wanedi, mengatakan, program subsidi bagi angkutan umum ini sudah beberapa kali dibicarakan dengan paguyuban sopir dan mendapat apresiasi yang sangat baik.

“Sopir angkot sudah menyambut baik program ini dan dianggap sebagai solusi yang masuk akal,” kata Ahmad Wanedi.

Wanedi berharap, program ini bisa menyelesaikan permasalahan terkait dengan angkutan umum yang selama ini masih berpolemik. “Permasalahan utama di angkutan umum adalah soal penghasilan, kami berharap subsidi ini bisa menjadi solusi,” pungkasnya.(Coi/Aka)