Musim Hujan Tiba, Dinkes Kota Malang Minta Masyarakat Waspadai Penyakit

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Asih Tri Rachmi. (Lisdya)

MALANGVOICE – Bulan November ini diprediksi memasuki musim hujan. Jika kondisi ini tidak disikapi dengan baik, maka akan membuat daya tahan tubuh menurun kemudian sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Asih Tri Rachmi, mengatakan, untuk tubuh tetap fit di musim hujan untuk banyak makan sayur dan buah yang mengandung vitamin C, terutama untuk para lansia (lanjut usia).

“Dalam vitamin C ini kan juga bisa untuk daya tahan tubuh. Kemudian jaga pola makan, jangan makan sembarangan apalagi yang sudah dihinggapi lalat. Karena di musim hujan lalat juga berkembang biak,” katanya.

BNN Kota Malang

Ia pun menjelaskan, lalat berkembang biak dengan cepat saat musim hujan datang. Pasalnya, pada musim hujan, makanan yang banyak mengandung protein basah oleh air kemudian lalat meletakkan telurnya pada makanan tersebut hingga menetas menjadi larva. Ini sebabnya pada musim hujan yang diselingi panas akan terjadi ledakkan lalat.

“Sehingga kalau musim seperti ini
dikhawatirkan selain batuk pilek itu juga bisa diare ataupun tipes, karena berkaitan dengan lalat yang hinggap di makanan,” tegasnya.

Selain itu, wanita berkacamata ini juga mengimbau kepada masyarakat pada saat musim hujan untuk selalu memperhatikan genangan genangan air di lingkungannya.

“Ketika musim pancaroba yang hujannya tidak terus-menerus terkadang bisa membuat genangan air. Nah, genangan ini lah yang bisa jadi tempat berkembang biaknya nyamuk. Kami imbau kepada masyarakat untuk terus memantau genangan-genangan air, kalau bisa ya dibersihkan,” tandasnya.(Der/Aka)