09 February 2023
09 February 2023
22.1 C
Malang
ad space

Musim Hujan, Begini Cara Merawat Sepatumu yang Tepat

MALANGVOICE – Musim hujan sering kali membuat aktivitas di luar ruangan menjadi terhambat. Salah satu yang menjadi hambatan adalah sepatu basah dan bau. Tapi jangan khawatir, MVoice sudah merangkum beberapa tipsnya dari laman IdeaHacks, Kamis (6/12).

1. Gunakan lilin lebah

Untuk kamu yang biasa menggunakan sepatu bahan kanvas, oleskan lilin lebah di seluruh permukaan kain agar sepatu anti air. Namun ada pula produk spray tahan air yang bisa disemprotkan ke berbagai permukaan sehingga tahan air.

2. Jemur dengan posisi berdiri

Jika sepatumu sudah terlanjur basah, jangan khawatir. Jika tak terlalu parah, jemur segera sepatumu dalam keadaan berdiri agar udara bisa masuk dari berbagai arah. Paling bagus adalah menggantungkannya di ruangan terbuka di mana ada sinar matahari masuk dan sirkulasi udara baik. Cara lainnya adalah menyumpalkan koran di dalam sepatu untuk menyerap air yang masih membandel seperti di bagian ujung sepatu.

3. Jangan pakai sepatu dalam keadaan basah

Bukan hanya bau kaki, menggunakan sepatu dalam kondisi basah malah bikin sepatumu cepet rusak. Karena lem yang merekat pada sepatu akan mudah terkikis jika terlalu banyak gesekan. Ini akan menyebabkan alas sol lepas atau ‘jebol’.

4. Cuci seketika bila terkena lumpur

Gunakan sikat halus untuk menghilangkan noda lumpur yang basah. Kamu bisa memanfaatkan sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk membersihkannya. Sebaiknya jangan tunggu noda lumpur mengering, segera bersihkan ketika sepatu terkena noda.

Selamat mencoba!(Der/Aka)

Populer

[wpp range='last7days' order_by='views']

Berita Terkini

Arikel Terkait