MPM Beri Tips Persiapan dan Teknik Berkendara di Musim Hujan

Ilustrasi berkendara di musim hujan (istimewa)
Ilustrasi berkendara di musim hujan (istimewa)

MALANGVOICE – Saat musim hujan menjadi suatu tantangan bagi pengendara motor karena jalanan yang dilewati licin dan dipenuhi genangan air bisa jadi menjadi bahaya. Oleh karena itu, beberapa hal ini yang harus disiapkan oleh pengendara motor yang akan melakukan perjalanan agar aman berkendara saat Hujan.

1. Persiapkan Jas Hujan .
Gunakan jas hujan dengan model baju dan celana . Selain terhindar dari basah juga agar lebih flexible dan bisa meliindungi tubuh ketika terjatuh.

2. Jaga Jarak
Pada saat berkendara di saat hujan, jarak pandang akan terhalang oleh derasnya hujan sehingga bisa terjadi pengereman secara mendadak yang akan mengakibatkan bertabrakan. Oleh karena itu jaga jarak aman dengan kendaraan di depan.

BNN Kota Malang

3. Nyalakan Lampu Kendaraan.
Pastikan lampu kendaraan menyala agar mudah terlihat oleh kendaraan di depan. Seperti Fitur AHO (Automatic Headlight On) yang ada di motor Honda adalah fitur dimana lampu utama pada motor akan tetap menyala secara otomatis sejak mesin motor pertama kali dihidupkan.

4. Cek Kondisi Ban.
Segera ganti ban apabila sudah gundul agar tidak mudah Selip ketika berkendara dijalan yang licin dan basah.

5. Hindari Melintasi Rel Kereta Api
Apabila memang harus melewati rel kereta api dan untuk menghindari motor tergelincir akibat rel basah dan licin, kurangi kecepatan. Pastikan melintasi rel kereta tersebut dengan posisi roda memotong rel tegak lurus dan hindari penggunaan rem depan. Jangan berkendara dengan posisi roda menyerong karena bisa mengakibatkan motor tergelincir.

6.Tingkatkan Kewaspadaan.
Saat berkendara visibilitas akan menurun ketika hujan .

“Jika hujan semakin deras lebih baik berhenti dan berteduh di tempat yang aman untuk menghindari kecelakaan yang diakibatkan oleh alam dan lingkungan,” ujar Instruktur Safety Riding MPM, Hari Setiawan.(Der/Aka/Adv)