Hari Batik Nasional

Motif Geometris nan Indah, Dinas Pendidikan Apresiasi Batik Mandara

Acara Launching Batik Mandara. (Anja Arowana)

MALANGVOICE – Dinas Pendidikan Kota Malang mengapresiasi hadirnya motif batik baru khas Malang, batik Mandara. Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah, turut hadir dalam gelaran launching batik Mandara di Ubud Cottage & Hotel, Senin (2/10).

Zubaidah terlihat mengamati 12 karya motif batik Mandara yang dipakang rapi di sisi ruangan. Ida sapaan akrabnya, berdecak kagum melihat keindahan motif Batik Mandara.

“Bagus ya, ini motifnya indah,” tukasnya singkat.

Ia turut bangga karena Malang kini punya motif batik baru. Menurutnya, batik Mandara memiliki filosofi yang cukup dalam sehingga memiliki nilai seni tersendiri. Bukan hanya itu, ida juga kagum dengan motif batik Mandara yang geometris sehingga muncul kesan presisi dan rapi. Motif itu juga sedikit rumit dan kompleks.

Ida mengimbau setiap sekolah agar mengenakan batik hari ini untuk memperingati Hari Batik Nasional. Tidak dipungkiri, jika batik Mandara sudah dikomersilkan, batik ini bisa dipakai masyarakat khususnya di kalangan pendidikan.

“Tentu ini untuk melestarikan batik Malang, orang-orang pendidikan wajib pakai batik tiap Kamis. Hari ini juga karena Hari Batik Nasional semua pakai batik,” pungkasnya.(Der/Yei)