Minat Warga Batu Sukseskan Pemilu Menurun

Suasana diseminasi hasil riset dan pemetaan partisipasi masyarakat dalam pemilu yang diadakan KPU Kota Batu di Hotel Riverstone

MALANGVOICE – Tingkat partisipasi warga Kota Batu dalam pemilu cenderung menurun.
Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Kota Batu, Rochani di Batu, Rabu (5/8) siang ini. Dikatakan, dalam riset ada lima hal yang diteliti, dimana lima hal ini pula yang menjadi interest di peta perpolitikan nasional.

Pertama , adalah persoalan fluktuatifnya minat masyarakat pada pemilu karena sejak tahun 1999 mengalami penurunan. ”Bahkan kondisinya juga anomali sehingga sulit diprediksi padahal itu pilpres,” ungkap Rochani.

Kedua, adalah persoalan perilaku atau behavior pemilih terkait rasionalisasi pemilihan. Pertanyaannya, lanjut Rochani, apakah perilaku pemilihan tersebut didasari oleh hal-hal rasional atau ada agenda lain.

BNN Kota Malang

Ketiga, terkait melek politik masyarakat,.apakah kesadaran demokrasi juga menjadi pemicu melek politik.
Keempat, kesukarelawanan, dimana sekarang banyak masyarakat yang punya political interest membantu kandidat dengan ikhlas.

Terakhir yang disampaikan oleh Rochani terkait dengan money politic. ”Apakah memang politik uang ada di Batu, siapa pelakunya, siapa penerimanya, dan apakah penerima juga melakukan apa yang diminta oleh kandidat.” kata Rochani.