Menyiram Air Panas ke Daging Ayam Beku, Ini Bahayanya

Ilustrasi daging ayam mentah. (Foto: Hallosehat.com)
Ilustrasi daging ayam mentah. (Foto: Hallosehat.com)

MALANGVOICE – Adanya kulkas memudahkan kita menyimpan daging ayam mentah tetap segar. Sehingga, daging ayam tetap terjaga dan berkembang biaknya bakteri bisa dicegah.

Akan tetapi, ternyata masih banyak yang salah saat akan mengolahnya. Yaitu, menyiramkan air panas ke daging ayam mentah yang beku agar bisa segera dimasak.

Padahal, perlu diketahui bahwa cara tersebut salah. Diketahui bisa mengundang beberapa bahaya yang dimungkinkan terjadi.

BNN Kota Malang

Sebagai mengutip dari berbagai sumber. Beberapa bahaya tersebut diantaranya yaitu:

1. Bakteri Mudah Berkembang

Mudahnya bakteri berkembang itu disebabkan suhu hangat akibat daging ayam beku yang disiram air panas. Bahkan, adanya perubahan suhu secara drastis itu bisa berubah membusuk.

Lebih parahnya, daging ayam beku itu bisa mengandung racun. Dengan catatan jika dibiarkan terlalu lama dalam keadaan tersebut di suhu ruangan.

2. Bagian Dalam Daging Masih Beku

Jangan dipikir, menyiram air panas ke daging beku semua bagiannya meleleh. Diketahui, melelehnya hanya bagian luar dan tidak dalamnya.

Sehingga, mau tidak mau pun harus tetap menunggu hingga bagian dalamnya mencair. Dan selama waktu itulah bakteri akan cepat berakumulasi mengontaminasi daging ayam.

Oleh karena itulah, sebelum memasak daging ayam yang dibekukan. Disarankan agar mengeluarkan 2 jam sebelumnya dan dibiarkan cair dengan sendirinya.(Der/Aka/MG1).