Menjelang Valentine, Tanaman Hoya Kerri Banyak Dicari

Empat orang terlihat sedang membuat bola-bola dari serabut kelapa (Ayun)

MALANGVOICE – Hoya Kerri merupakan salah satu tanaman ramah lingkungan berbentuk hati. Ditambah balutan kokedama, tanaman tersebut sangat cocok untuk kado valentine nanti. Tak ayal, jika tanaman ini banyak dicari masyarakat millenial.

Pelaku usaha bunga Kota Batu, Dwi Lily Indayani (32) mengungkapkan memang sengaja mempersiapkan tanaman itu untuk menyambut hari valentine. Hari yang akrab disebut hari kasih sayang itu jatuh pada tanggal 14 Februari nanti.

Ia menyebutkan, tanaman endemik ini sebenarnya berasal dari Jawa Barat. Akan tetapi saat ini sudah bisa ditemui di berbagai daerah. Seperti di Kota Batu bahkan Malang Raya.

“Ya tanaman ini sangat cocok untuk souvenir hari kasih sayang karena bentuknya identik dengan itu. Kemudian Hoya Kerrii juga tidak membutuhkan banyak perawatan,” katanya.

Sedangkan Kokedama adalah teknik menanam dengan media tanam lumut atau sabut kelapa. Perawatannya cukup disiram air saja, tidak perlu pupuk yang mahal.

Tanaman ini juga tidak membutuhkan obat-obatan atau pestisida. Cukup terkena sinar matahari tapi jangan terlalu lama.

“Untuk bisa tumbuh satu tunas membutuhkan waktu minimal tiga bulan. Setahun saja bisa dapat empat tunas,” ujarnya

Sedangkan dalam setiap satu tanamannya, dirinya mematok harga mulai Rp 55 ribu hingga Rp 200 ribu. Dan menjelang hari valentine ini, Lily mengakui sudah banyak pesanan. Dalam satu minggu bisa mendapatkan pesanan lebih dari 20 set.

“Namun kalau sudah dibentuk kokedama dan dihias. Per tanamannya kami hargai Rp 100 ribu. Akan tetapi untuk tanaman dengan empat daun itu diharga Rp 200 ribu,” pungkasnya.(Der/Aka)

article bottom ad