Menghitung Jumlah Kalori dan Kandungan Lain dalam Seporsi Nasi Goreng

Seporsi nasi goreng. (Delish)
Seporsi nasi goreng. (Delish)
Article top ad

MALANGVOICE – Nasi goreng menjadi makanan favorit orang Indonesia. Sederhana dan mudah dibuat membuat nasi goreng jadi pilihan mulai dari kawula muda hingga tua. Tapi tahukah Anda berapa kalori terkandung dalam seporsi nasi goreng?

Anda harus tahu, menurut informasi yang dirangkum MVoice dari Livestrong, Senin (26/2) sepiring nasi goreng mengandung sekitar 228-400 kalori per porsi. Umumnya, nasi goreng yang Anda makan terdiri dari bahan utama nasi putih yang ditambahkan dengan sayur, daging, telur, kerupuk, dan lainnya. Nah, jumlah kalori dari kerupuknya saja sudah mencapai 200 kalori. Maka tak heran, jika aneka variasi dari nasi goreng tergolong tinggi kalori. Simak juga kandungan nasi goreng yang lain:

1. Lemak

Seporsi sajian nasi goreng mengandung sekira 12 gram-14 gram lemak. Karena jenis minyak yang digunakan rata-rata minyak kelapa sawit yang bisa berubah menjadi lemak tak jenuh. Jumlah lemak nasi goreng yang dijual pedagang kaki lima juga diklaim mengandung lebih tinggi lemak. Banyak konsumsi lemak tak jenuh memicu obesitas.

2. Karbohidrat

Lebih dari separuh kalori dalam satu porsi nasi goreng berasal dari karbohidrat, dengan jumlah 40 gram-50 gram. Bahan utama pembuatan nasi goreng ini tentu menggunakan nasi putih yang mengandung glukosa dan tergolong karbohidrat kompleks.

3.Protein

Jika Anda menambahkan potongan daging dan telur, tentu Anda bisa mendapatkan tambahan protein saat makan nasi goreng. Disebutkan ahli gizi, nasi goreng ayam mengandung sekira 12 gram protein, nasi goreng udang mengandung 11 gram protein. Ditambah dengan telur yang mencapai 10 gram protein.

4. Vitamin dan mineral

Nasi goreng juga menyediakan beberapa vitamin dan mineral penting, namun sayangnya juga mengandung tinggi natrium. Karena setiap membuat nasi goreng pasti Anda menambahkan garam dan MSG sebagai penyedap.

5. Serat

Nasi putih juga mengandung sekira 1,5 gram serat per porsinya. Tapi saat membuat nasi goreng, Anda wajib menambahkan sayuran untuk memperkaya serat yang Anda butuhkan. Kalau mau sehat, saat bikin nasi goreng sebaiknya perbanyak sayuran dari jumlah porsi nasinya.(Der/Aka)

Selamat makan!