Menaker Teken Kerja Sama Peningkatan SDM dengan UIN Malang

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah bersama Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Abdul Haris, Kamis (22/10). (Humas Kementerian Ketenagakerjaan)
Article top ad

MALANGVOICE – Kementerian Ketenagakerjaan dan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang menjalin kerja sama peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Penandatangan kerja sama itu dilakukan langsung Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Kamis (22/10).

Menteri Ida Fauziyah mengatakan, kerja sama tersebut meliputi pelatihan kerja, dan pelatihan kewirausahaan, penelitian ketenagakerjaan, dan akses informasi ketenagakerjaan.

“Nota kesepahaman ini diharapkan lulusan alumni dari UIN Malang memiliki akses informasi dan pelatihan yang sesuai di pasar kerja,” katanya.

Ida melanjutkan, kondisi ketenagakerjaan di Indonesia saat ini masih memiliki beberapa persoalan, dicontohkannya ketidaksesuaian (link and match) antara penyiapan SDM dengan kebutuhan pasar kerja. Bahkan, menurutnya, tantangan ketenagakerjaan Indonesia juga harus menghadapi otomatisasi industri 4.0. Dampaknya adalah pergeseran kebutuhan kerja dan kesiapan kemampuan SDM di Indonesia.

“Dengan diresmikannya Career Development Center ini, saya harap nantinya alumni dari UIN Malang ini dapat membantu pemerintah dalam mempercepat kesiapan pembangunan SDM di kalangan akademis,” ujarnya.

Momentum itu pula, Ida menyempatkan berbicara tentang substansi UU Cipta Kerja. Menurutnya, dengan aturan yang baru saja disahkan DPR RI itu, harapannya dapat diciptakan lapangan pekerjaan secara massif. Sebab, perizinan untuk berusaha akan dipermudah.

Sementara itu, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Abdul Haris, mengapresiasi jalinan kerjasama dalam peningkatan SDM dengan Kementerian Ketenagakerjaan tersebut. Ia berharap, pendampingan bisa terus diberikan, termasuk perluasan kerja sama.

“Tentu kami berharap terus mendapat pendampingan dalam membangun SDM yang ada di UIN ini, dan juga tentu kedepannya kerja sama ini dapat diperluas,” tutup Haris.(der)