Wahana Baru Berkonsep Wisata Edukasi

Mbois Puol, Ada Papan Catur Raksasa di Alun-alun Merdeka

Papan catur raksasa jadi wahana baru di Alun-alun Merdeka Kota Malang. (Muhammad Choirul)
Papan catur raksasa jadi wahana baru di Alun-alun Merdeka Kota Malang. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Mulai Jumat (24/3), pengunjung Alun-alun Merdeka Kota Malang bisa mendapat suguhan pemandangan baru. Beberapa wahana baru disediakan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) di beberapa titik.

Salah satunya ialah papan catur raksasa, lengkap dengan buah catur seperti pion, kuda, ratu, dan sebagainya. Selain bisa digunakan sebagai lokasi melaksanakan swa-foto, sebenarnya masyarakat juga bisa adu keahlian bercatur.

Sebab, setiap buah catur bisa digeser, karena masing-masing memiliki roda. Hanya saja, butuh kekuatan ekstra mengingat ukuran raksasa pada catur. Kepala Disperkim, Erik Setyo Santoso, menyatakan, masyarakat bisa menggunakan wahana itu tanpa melalui izin khusus.

“Siapapun boleh memanfaatkan, tidak perlu izin khusus, karena memang untuk warga,” kata mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) itu.

Selain papan catur raksasa, wahana lain yang sudah tersedia yakni outdor gym, tempat baca, serta play ground. “Semua bersifat wisata edukasi, mudah-mudahan bermanfaat,” lanjutnya.