Masyarakat Antusias Periksa Kesehatan Gratis Lewat Care Health Day

Pemeriksaan kesehatan gratis di CFD. (Lisdya)
Pemeriksaan kesehatan gratis di CFD. (Lisdya)

MALANGVOICE – Care Health Day dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang ternyata mencuri perhatian masyarakat Kota Malang yang sedang berolahraga di Car Free Day (CFD), Minggu (2/12).

Pengunjung berbondong-bondong tampak antusias mengecek kesehatan di booth tersebut.

BNN Kota Malang

Selain cek kesehatan gratis, acara ini juga mengangkat program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) dari Dinkes Kota Malang.

“Posbindu PTM itu bisa di mana saja, bisa di aini bisa di kantor, nah yang kali ini spesial di CFD namanya Care Health Day,” ujar Kepala Puskesmas Kendalkerep, dr. Lisna.

Selain itu, acara ini juga diwakili oleh Puskesmas Kendalkerep dengan menggandeng Persatuan Gizi Indonesia (Persagi) Kota Malang.

“Di Posbindu spesial ini kami ada pemeriksaan jiwa, ada gizi, tekanan darah, konsultasi dokter tentang diabetes, penglihatan, pendengaran, dan penyakit tidak menular lain kita ada dokternya disitu,” paparnya.

Dikatakan Lisna, acara ini gratis alias tidak dipungut biaya. Para masyarakat pun bebas tanpa syarat kesana untuk memeriksakan diri mereka.

Dalam acara juga terlihat PSC 119 sebagai mitra Dinas Kesehatan Kota Malang yang memberikan penyuluhan kegawat daruratan medik maupun non medik.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Keluarga (Kesga) dan Gizi Dinas Kesehatan Kota Malang, Meifta Eti Winindar mengatakan bahwasanya dalam acara ini juga turut menggandeng mahasiswa medis dari berbagai kampus.

“Kami juga menggandeng dari perguruan tinggi seperti D4 Gizi Poltekkes Kemenkes dan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) sebagai penyuluh, ada juga cek kesehatan jiwa dari S2 Psikolog dari UMM,” tandasnya.(Der/Aka)