Manjakan Wisatawan, Jalan Dewi Sartika Dilebarkan

Simpang empat Jalan Dewi Sartika Kota Batu bakal dilebarkan. (Aziz Ramadani)

MALANGVOICE – Demi kenyamanan wisatawan yang mengunjungi Kota Batu, Pemda setempat terus benahi infrastruktur jalan. Kali ini yang jadi sasaran simpang empat Jalan Dewi Sartika, Kota Batu. Pasalnya, dari data 2016 lalu, kunjungan wisatawan sejumlah 3,9 juta orang.

Kabid Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Alfi Nurhidayat, mengatakan, simpang empat Jalan Dewi Sartika dipilih untuk pelebaran karena akses utama kendaraan wisatawan. Baik itu menuju Jatim Park 2 dan Batu Night Spektakuler (BNS). Kemudian menuju Jatim Park 1 dan Museum Angkut.

”Penambahan kapasitas daya agar tidak terjadi penumpukan setiap weekend dan libur panjang,” kata Alfi kepada MVoice beberapa waktu lalu.

BNN Kota Malang

Alfi menambahkan, setiap sisi jalan akan dilebarkan antara 2 sampai 5 meter. Ini disesuaikan eksisting (kondisi riil) di lapangan. Proses ini sudah melalui kajian cukup lama. Yakni melibatkan, Dinas Perhubungan (Dishub), Polres Batu, PLN, Telkom, Jatim Park, Paguyuban Pengemudi dan masyarakat.

”Pelaksanaan Insya Allah sebelum akhir tahun ini sudah rampung. Anggaran masih dihitung kisaran Rp 100 juta,” pungkasnya.(Der/Yei)