Malam Pergantian Tahun, Polisi Siapkan Pengalihan Arus di Beberapa Titik

Ilustrasi kepadatan arus lalu lintas. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Polres Malang Kota menyiapkan pengalihan jalur lalu lintas di malam pergantian tahun 2018/2019. Beberapa titik menjadi perhatian polisi karena potensi kepadatan.

Di Kota Malang setiap tahun ada empat titik yang diwaspadai, antara lain Jalan Ijen, depan Stasiun Kota Baru Malang, Balai Kota, Alun-Alun Merdeka, dan imbasnya bisa ke Jalan Soekarno-Hatta.

“Oleh karena itu kami sudah menyiapkan pengalihan arus. Fokus utama memang di Balai Kota karena tempat berkumpul di sana,” kata Kasat Lantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputro, Senin (31/12).

BNN Kota Malang

Dalam pengalihan arus itu, ada beberapa jalan yang ditutup, yakni Jalan Trunojoyo, Jalan Patimura, Jalan Majapahit, sedangkan arus dari Jalan Basuki Rahmat tidak bisa langsung ke Jalan Merdeka Barat.

Akan tetapi, penerapan pengalihan arus itu, kata Ari, bersifat kondisional. Artinya, jika jalur tidak terlalu padat, maka tidak ada pengalihan arus.

“Jadi kalau tidak ada kepadatan ya jalur digunakan seperti biasa. Tapi kami tetap antisipasi, dari anggota Lantas saja 100 personel lebih diterjunkan,” lanjutnya.

Selain itu, ditambahkan KBO Lantas Polres Malang Kota, Iptu Endiex Purwantoro, anggota polisi juga melakukan penyekatan di pintu masuk Kota Malang. Truk bermuatan sound system dan pawai kendaraan tidak diizinkan masuk ke kota.

“Kalau ada ya kami suruh putar balik. Karena itu potensi macet. Jadi di arah utara, selatan dan Landungsari itu,” tambahnya.(Der/Aka)