Malam Hari Susah Tidur, Bisa Jadi Smartphone Penyebabnya

Susah tidur karena cahaya smartphone. (Phonearena)
Susah tidur karena cahaya smartphone. (Phonearena)

MALANGVOICE – Sering sulit tidur malam hari bisa disebabkan karena cahaya gadget smartphone/tablet yang menganggu siklus dari tubuh Anda. Tahukah Anda? Semakin dekat cahaya layar ke muka, maka pengguna akan semakin sulit untuk tidur.

Hasil ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Rensselaer Polytechnic Institute di New York, AS. Menurut para ahli, seperti dikutip MVoice dari Phone Arena, Rabu (13/12) paparan cahaya dari tablet dapat menurunkan kadar hormon melatonin dalam tubuh hingga 23 persen.

Melatonin adalah zat alami dalam tubuh yang membantu seseorang untuk tidur dengan cara memberitahukan tubuh bahwa situasi di sekitarnya sudah gelap dan ini saatnya untuk tidur.

Solusi untuk terhindar dari masalah tidur ini sebenarnya sangatlah mudah, yaitu tidak melihat atau jika perlu, matikan saja gadget.

Tidak ingin mematikan perangkat? Pengguna disarankan untuk memegang ponsel pintar atau tablet sejauh 14 inci dari mata. Bahkan, dengan tingkat kecerahan tertinggi, pengguna dijamin tidak akan kesulitan untuk tidur. Menurut klinik tersebut, tingkat melatonin baru akan menurun apabila mata terpapar cahaya di atas 30 lux. Jadi demi kesehatan Anda, lebih baik memperhatikan hal tersebut.(Der/Aka)