Maknai Isra Mi’raj Sebagai Momentum Perkokoh Ukhuwah Wathaniyah

H. Ali Ahmad/Gus Ali (Memegang Mic). (Istimewa)

MALANGVOICE – Peringatan Isra Mi’raj kali ini harus bisa dijadikan sebagai momentum untuk memperkokoh ukhuwah wathaniyah, karena merupakan salah satu perwujudan dari ukhuwah islamiah.

Hal ini disampaikan langsung oleh Pengasuh Ponpes Alhidayah Karangploso, H. Ali Ahmad, Rabu (3/4).

Menurut H. Ali Ahmad yang akrab disapa Gus Ali, dengan Spirit ukhawah wathaniyah merupakan perintah agama dan Nabi Muhammad SAW menjadi suri teladan dari semangat kebangsaan. Dengan peristiwa Isra Mi’raj, diharapkan bisa diambil hikmahnya untuk memperkuat persatuan umat untuk menjaga kekokohan NKRI dan persatuan itu harus bersinergi antar umat islam dan juga antar umat manusia.

BNN Kota Malang

“Tentunya ada nilai-nilai yang patut di ilhami dari perjalanan malam Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ke Sidratul Muntaha tersebut. Bukan hanya untuk ibadah melainkan juga untuk meningkatkan kehidupan sosial kemasyarakatan. Kita harus mengambil nilai-nilai itu untuk saling menghargai, menolong, dan membantu sesama manusia,” ungkap Pembina Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Malang Raya itu.

Ketua DPC PKB Kabupaten Malang ini juga berharap peringatan Isra Mi’raj sebagai momentum untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan utamanya menjelang Pemilu dan Pilpres 2019 yang tinggal beberapa hari lagi.

Ditengah tingginya tensi jelang Pilpres dan Pemilu 2019, Gus Ali mengharapkan agar berbagai perbedaan pilihan dalam Pemilu jangan sampai menghancurkan nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong yang sudah terjalin dengan baik selama ini.

“Jangan sampai ini dirusak hanya karena masalah perbedaan pilihan. Kita harus tetap menjaga keharmonisan, toleransi umat beragama itu tetap terjalin dengan baik, setiap orang harus menahan diri agar tidak langsung percaya dengan isu-isu yang menyebar yang berkaitan dengan Pemilu,” pungkas pria yang maju sebagai calon DPR RI dapil V Malang Raya ini.

Alumnus Universitas Islam Malang (UNISMA) ini berharap 17 April mendatang, pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan aman dan damai. Masyarakat pun diharapkan menyambut positif pesta demokrasi lima tahunan ini dengan datang berbondong bondong ke TPS untuk mencoblos sesuai dengan hati nurani masing-masing.(Hmz/Aka)