Mahasiswa DKV UM Pamerkan 10 Destinasi Wisata Nasional

Suasana pameran di Ngalup.co. (Anja A)

MALANGVOICE – Gelar karya portofolio tahunan menjadi bagian dari sekuel trilogi -Program Kepung Kampung #2 Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang (DKV UM), Selasa (19/12).

Pada tahun 2017, DKV UM tema DestiNATION Building. Pada kesempatan ini, Kepung Kampung berkolaborasi dengan Ngalup.co sebagai sebuah coworking space tempat anak muda menyalurkan kreativitasnya, untuk mengeksplorasi 10 destinasi prioritas nasional sebagai kontennya.

“Kegiatan ini dilaksanakan guna mendukung program pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kunjungan 20 juta wisatawan asing pada 2019 di sepuluh Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau sepuluh destinasi prioritas wisata Nasional,” kata dosen pembimbing, Heppy Jundan Hendrawan .

Sepuluh prioritas destinasi tersebut adalah Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Morotai (Maluku Utara), Pulau Komodo-Labuan Bajo (NTT), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Danau Toba (Sumatra Utara), Bromo-Tengger-Semeru (Jawa Timur), Mandalika Lombok (NTB) dan Tanjung Lesung (Banten).

Pameran kolaborasi ini memiliki orientasi untuk mengenalkan, mensosialisasikan sekaligus memberikan alternatif pilihan desain-desain promosi. Pameran akan dimulai pada pukul 09.00 WIB setiap harinya sampai tanggal 20 Desember 2017 nanti. Kegiatan kolaborasi ini akan diwujudkan dalam bentuk Exhibition, Illustration Workshop, Video, Meme Competition.

“Program ini digagas sebagai respon dari kebutuhan pasar global yang bersifat cepat berganti, mudah berubah dan dinamis sekaligus solusi kreatif yang dibutuhkan bagi promosi 10 destinasi prioritas wisata Nasional. Media promosi yang akan dipamerkan dibuat dengan mengusung konsep ultra specialist yaitu sebuah pendekatan konseptual yang berbasis pada spesialisasi (kharakter khas) desainernya, ditambah dengan bersandar pada filosofi designature sebagai paradigma berpikirnya,” paparnya lagi.

Media-media kreatif yang dikembangkan dalam pameran mengusung konsep designator adalah multimedia, animasi, branding, desain kemasan, desain grafis, ilustrasi, 3D animasi dan film. Semua media kreatif tersebut akan menempatkan keunikan atau kekhasan personal sebagai creative platform-nya. Dengan kesuksesan pameran kolaborasi ini, Ngalup.co dan ProdiDKV UM dapat memberikan kontribusi berupa alternatif pilihan desain-desain promosi dalam rangka menyukseskan agenda pemerintah terkait sepuluh destinasi prioritas wisata Nasional.(Der/Yei)