Macito Direncanakan Kembali Beroperasi Tahun Ini

Bus Malang City Tour (Macito) yang terparkir di Stadion Gajayana, Kota Malang, (MG2).

MALANGVOICE – Bus Malang City Tour (Macito) rencananya bakal kembali beroperasi tahun ini. Sebelumnya bus khusus pariwisata itu berhenti beroperasi sejak 1 Agustus 2019.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Malang, Heru Mulyono, mengatakan kini sudah mulai melakukan penyusunan rencana kerja termasuk Detail Engineering Design (DED) soal Macito.

“Ya, Pak Wali sudah dikehendaki Macito tahun ini sudah bisa disesuaikan dengan ketentuan yang ada,” ungkapnya, Ahad (7/3).

Sebelumnya penghentian operasi Macito ini disebabkan karena tidak memiliki izin resmi dari Dirjen Perhubungan Darat RI.

Selain itu, desain Macito juga tidak memenuhi standar yang ditentukan sehingga dianggap bisa membahayakan penumpang.

“Kelayakannya di Malang seperti apa, kan dengan adanya pohon – pohon juga perlu dilihat (penumpang) terganggu atau tidak. Insyallah tahun ini kita clear untuk Macito,” ujarnya.

Terkait nanti ketika sudah bisa beroperasi, Heru menginginkan Macito bisa terkoneksi dengan Kayutangan Heritage yang masih dalam tahap pembangunan saat ini.

Dirinya juga bakal melakukan koordinasi nantinya untuk rute dan teknis dari Macito mendatang.

“Keinginan saya tetap harus bernuansa Heritage. Nanti tak matur pimpinan seperti apa. Jadi harus menyatu dengan Kayutangan, karena kemarin saya juga ngurusin di Kayutangan. Nah ini nanti harus disinergikan,” tuturnya.(der)

article bottom ad