Live In Pujiharjo Dekatkan Wisatawan dengan Kehidupan Warga Sekitar

Potensi Wisata Live In Pujiharjo. (Istimewa).

MALANGVOICE – Wisata berbasis Desa di Kabupaten Malang saat ini mulai terlihat gaungnya. Pasalnya, masing-masing desa mulai menonjolkan potensi unggulan mereka.

Salah satunya Desa Pujiharjo, Tirtoyudo yang membuat konsep dengan menyajikan paket wisata Live In Pujiharjo.

Kepala Desa Pujiharjo, Tirtoyudo Hendik Arso mengatakan konsep ini lebih mendekatkan wisatawan kedepan kehidupan masyarakat di desa itu sendiri. Jadi, wisatawan yang datang akan diberi pilihan menginap di rumah warga setempat.

BNN Kota Malang

“Kami memiliki program Live In Pujiharjo. Kami menyediakan 53 unit homestay yang semuanya milik warga, pihak Desa hanya punya rumah untuk resepsionis,” ungkapnya, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dengan Live In Pujiharjo ini, lanjut Hendik, para wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp 200 ribu per orang per hari. Dengan biaya tersebut, para wisatawan akan mendapatkan fasilitas makan tiga kali, berwisata ke tiga pantai, dan mengikuti kegiatan bertani.

“Dengan biaya Rp 200 ribu itu, wisatawan bisa nginap dirumah warga, makannya tiga kali, ikut ke sawah, dan ke tempat wisata ke tiga pantai yaitu pantai Sipelot, Pasir Putih serta Watu Kowong,” jelasnya.

Hingga saat ini, tambah Hendik, dalam satu bulannya, sedikitnya ada 500 orang wisatawan yang berkunjung ke Pujiharjo. Akan tetapi, ada satu kendala yang dikeluhkan, yaitu infrastruktur, agar bisa memberikan kenyamanan wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata tersebut.

“Saat ini jalannya masih sulit. Jadi ini tugas ya bagi pemerintah daerah, kan itu jalan negara,” tandasnya. (Hmz/Ulm)