Lima Tahun Pimpin Kota Batu, Dewanti Pilih Fokus Kembangkan Desa

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Aziz / MVoice)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Aziz / MVoice)

MALANGVOICE – Rancangan Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Batu tahun 2017-2022 resmi diajukan ke DPRD Kota Batu, Jumat (9/3). Dalam rancangan program tersebut, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, memilih fokus mengembangkan desa.

Ini tersirat kuat dalam visi yang diulang-ulang dalam pidatonya. Yakni Desa Berdaya Kota Berjaya Terwujudnya Kota Batu Sebagai Sentra Agro Wisata Internasional yang Berkarakter, Berdaya Saing dan Sejahtera. Ada lima isu strategis yang jadi catatan Dewanti.

Pertama, stabilitas sosial, politik, pelestarian kearifan budaya lokal. Kedua, pemberdayaan sumber daya manusia. Ketiga, daya saing perekonomian daerah bertumpu pertanian, pariwisata dan UMKM serta kemandirian desa. Keempat, pembangunan infrastruktur kota dan konektifitas daerah berbasis kelestarian SDA. Terakhir, tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

“Alhamdulillah. Hari ini resmi melemparkan RPJMD yang akan ditindaklanjuti dewan. Saya berharap betul- betul karena ini (RPJMD) sebagai ciri khas Kota Batu,” kata Dewanti ditemui usai paripurna.

Visi yang disampaikan, lanjut Dewanti, memiliki arti yang dalam. Sebab apa yang ada di desa, menurutnya, jika diberdayakan akan luar biasa.

“Sesuai juga visi Presiden tentang produk lokal dan SDM lokal, membuat daerah maju. Memberdayakan sumber daya lokal di desa untuk menopang kemajuan kota,” sambung dia.

Dewanti menambahkan, menggali potensi di desa harus digarap dengan benar. Apalagi Kota Batu memiliki karakteristik kepariwisataan, dan pertanian yang alami.

”Maka saya berharap dewan dapat melakukan pencermatan dan penilaian dari dokumen (RPJMD) awal ini. Serta memberikan masukan positif demi kesempurnaan. Menghasilkan RPJMD yang berkualitas sesuai harapan bersama,” tutupnya.(Der/Aka)