Press Release

Libur Kampus, Kelompok Mahasiswa Ini Tanam Pohon di Pantai

Penanaman di Pantai Selok (doc. Humas PC IMM Malang Raya)
Penanaman di Pantai Selok (doc. Humas PC IMM Malang Raya)

MALANGVOICE – Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Pimpinan Komisariat (PK) Raushan Fikr Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar outbond bertema Go Green.

Mereka melakukan penanaman 20 pohon. Selain itu juga pemberian tempat sampah di pinggiran Pantai Selok, Desa Bandungrejo, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Ketua pelaksana kegiatan, Ovin Sofyan menjelaskan jenis tanaman yang mereka tanam adalah pohon keben.

Mereka beranggapan, pohon ini sesuai dengan daerah pinggiran pantai. Fungsinya, mencegah erosi dan abrasi.

“Selain itu, pohon juga berfungsi sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa. Kegiatan ini sudah kami lakukan Sabtu (14/1) hingga Minggu (15/1) ,” kata Ovin terang ketua pelaksana kegiatan, M. Ovin Sofyan melalui email yang diterima MVoice, Selasa (17/1).

Selain itu, peserta juga mendapat penjelasan dari pengelola terkait beberapa ancaman jika ekosistem di pinggiran pantai yang terancam punah.

“Beberapa ancaman tersebut mengakibatkan percepatan proses abrasi pantai dalam beberapa tahun yang akan datang apabila kita sebagai manusia tidak sadar akan pentingnya menjaga dan mengelola lingkungan,” lanjut Ovin.

Menanggapi kegiatan tersebut, pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wono Lestari Bandungrejo, Inu mengaku senang mahasiswa turut peduli dengan lingkungan pantai.

“Baru pertama kali ini ada acara yang diselenggarakan oleh mahasiswa di Pantai Selok. Sangat bermanfaat sekali. Harapan saya dan pengurus lain kegiatan ini dapat dicontoh oleh mahasiswa-mahasiswa lain,” kata Inu.