Lewat ETU Polinema, Siswa SDN Karang Besuki 3 Diajari Praktik Penerapan Entrepreneurship

Penerapan praktik entrepreneurship oleh ETU Polinema kepada siswa SDN Karang Besuki 3. (Istimewa)
Penerapan praktik entrepreneurship oleh ETU Polinema kepada siswa SDN Karang Besuki 3. (Istimewa)

MALANGVOICE – Enterpreneurship Training Unit (ETU) Politeknik Negeri Malang melaksanakan Penerapan Enterpreneurship
Sejak Dini Berbasis Praktik pada siswa-siswi kelas 4 SDN Karang Besuki 3 Kota Malang yang berjumlah 47 siswa.

Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu (30/10) 2019 di Politeknik Negeri Malang. Acara ini dibuka dan dipandu Ayu Sulasari, SE., MM, dan juga sambutan singkat oleh Dr. Dra. Anik Kusmintarti, MM., selaku Ketua ETU Polinema dan Suselo Utoyo, ST., MMT yang merupakan Ketua Bakery Politeknik Negeri Malang.

ETU melaksanakan acara ini dengan tujuan utama untuk menanamkan karakter wirausaha sejak dini, menanamkan kreativitas dan perubahan karakter dari hal-hal baru yang diajarkan serta sikap menghargai pada hal-hal kecil, terutama kepada siswa-siswi kelas 4 SDN Karang Besuki 3 Kota Malang.

BNN Kota Malang

Pada revolusi industri 4.0 perkembangan kewirausahaan tumbuh begitu pesat, sehingga sangat dibutuhkan minat besar di bidang wirausaha, tetapi mahasiswa perguruan tinggi memiliki permasalahan yaitu kurangnya minat pada enterpreneur. Sehingga ETU Polinema bermaksud untuk mulai membentuk karakter enterpreneur yang dimulai sejak dini.

Pendidikan kewirausahaan dimulai dengan pendidikan karakter, yaitu karakter enterpreneur yang kreatif, berani dan jujur, yang tidak hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga membutuhkan dukungan anggota keluarga di rumah sehingga memiliki peran yang sinergi.

Pendidikan kepada anak-anak zaman sekarang akan lebih baik dan mudah dipahami jika dilakukan dengan praktik dan melihat langsung proses atau benda yang menjadi tujuan pembelajaran. Harapan setelah dilakukannya kegiatan ini adalah tumbuh motivasi dan kreativitas pada anak-anak dan akan tertanam karakter wirausaha sejak dini, agar saat dewasa sudah memiliki pondasi yang lebih kuat dalam enterpreneur.

Kegiatan ini dimulai dengan melakukan permainan, yaitu gerakan-gerakan mudah yang sudah sangat dikenali oleh adik-adik yang bertujuan untuk menambah semangat dan keceriaan. Kemudian dibagi menjadi 4 kelompok yang terdiri dari 10-11 anak dengan cara berhitung, dan memilih ketua kelompok.

Pada sesi ini sangat terlihat antusias yang luar biasa dari adik-adik SDN Karang Besuki 3, dan sudah mulai terbentuk jiwa kepemimpinannya, semua dengan semangat mengacungkan jari ingin menjadi ketua kelompok. Kemudian adik-adik diarahkan untuk mulai membuat kue yang diawali dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Dengan didampingi oleh mahasiswa dari Politeknik Negeri Malang yang juga akan mengajarkan cara membuat kue tersebut, adik-adik SDN Karang Besuki 3 mulai memilih kue jenis apa yang akan dibuat, dan untuk menambah semangat dari setiap kelompok, maka pembuatan kue ini dilombakan dengan syarat kue terbanyak dan bentuk yang paling rapi akan menang.

Muchammad Yuli Achiriansyah selaku Guru Kelas 4A menjelaskan bahwa sekolah sangat mendukung jika ada kegiatan yang bekerja sama dengan instansi yang sudah ahli dalam bidangnya, karena dengan adanya kegiatan ini juga akan membantu pembentukan karakter yang tidak bisa hanya dilakukan di sekolah saja. Hal ini juga merupakan CSR dari SDN Karang Besuki 3.

Siti Nurul Fita selaku Ketua Komite berharap dengan adanya kegiatan ini akan terlatih sikap untuk lebih berani berpendapat, berani bicara di depan umum dan akan memiliki wawasan yang luas untuk cita-cita siswa-siswi SDN Karang Besuki 3 Kota Malang.(Der/Aka)