Lewat Bantuan Beras, Pemkab Malang Upayakan Kestabilan Ketahanan Pangan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang, M. Nasri Abdul Wahid. (Toski D).
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang, M. Nasri Abdul Wahid. (Toski D).

MALANGVOICE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Ketahanan Pangan tengah menyiapkan beras sebanyak 72 ton untuk kesiapan penanganan di tengah pandemi virus corona.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang, M. Nasri Abdul Wahid menerangkan, 8 mitra rice miling unit (RMU) di 33 kecamatan di Kabupaten Malang diproyeksikan mendistribusikan bantuan tersebut. Sedangkan jumlah keseluruhan RMU di Kabupaten Malang ada 200 RMU.

“Kami akan berkoordinasi dengan gapoktan yang tersebar di kecamatan-kecamatan untuk membahas pendistribusian itu (beras),” ucapnya, Sabtu (4/4).

BNN Kota Malang

Untuk pelaksanaannya pendistribusiannya, lanjut Nasri, dirinya masih menunggu perintah dan saat ini sudah dilakukan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA).

“Kapanpun siap didistribusikan, kami tinggal nunggu perintah saja,” jelasnya.

Apalagi, lanjut Nasri, di bulan April ini merupakan musim panen, dan Pemkab Malang siap membeli beras petani kualitas premium seharga Rp 11 ribu per kilogram. Hal ini dilakukan untuk penyelarasan dengan penyerapan hasil panen serta upaya pemberian bantuan beras bagi warga miskin, di tengah pandemi corona.

“Nanti akan kami bagikan dalam bentuk kemasan siap konsumsi. Beratnya 10 kilogram beras,” tukasnya.(Der/Aka)