Lewat Aplikasi Go Ngopy, Mahasiswa FIB UB Jadi Finalis Ajang Studentpreneurs UI

Tim FIB saat presentasi bisnis. (Istimewa)
Tim FIB saat presentasi bisnis. (Istimewa)

MALANGVOICE – Kelompok mahasiswa dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) dengan nama kelompok Copy Ngozy menawarkan bisnis produk aplikasi Go Ngopy. Mereka masuk dalam finalis ajang Studentpreneurs yang diselenggarakan Universitas Indonesia (UI) 2018.

Mereka adalah Nurul Rodiyah (2015, Antropologi), Edy Pratama Putra (2015, Pendidikan Bahasa Jepang), dan Muhammad Yogi Arifky Zuhri (2016, Pendidikan Bahasa Inggris).

“The 7th UI Studentpreneurs adalah salah satu acara yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Binis (FEB) Universitas Indonesia (UI), yang merupakan kompetisi perencanan kewirausahaan demi mendorong pembinaan dan pengembangan jiwa wirausaha,” kata Nurul.

BNN Kota Malang

Setelah seleksi terhadap 100 proposal yang terdaftar, tersisa 10 finalis yang berhak mengikuti serangkaian kegiatan dalam UI Studentpreneur selama satu pekan.

Ke-10 finalis yang lolos adalah Maurora (Refrain), Neurafarm (Dr. Tania), TNEC (Bobuya), Safety Sunnah Corporation (Kebab Kelinci Nusantara), Sledingkeun (Kakilima.id), The Faust (Honeymoo), Melaut.id (Melaut.id), Potato Bears (Triptato), Ngopy Cozy (Go Ngopy), dan Adika (Lipatan Kecil).

“Para finalis mendapatkan pelatihan dari para pebisnis berpengalaman,” tambahnya.

Pebisnis seperti Egi Septiadi (Specialist Qiscus), Andrias Eko Yuono (CMO Kumparan), Setio Anggoro Dewo (Director and CFO of PT.Trakindo) hadir berbagi pemahaman tentang jenis bisnis yang di akan dilombakan pada kegiatan training selama pertngahan Februari lalu.

“Pada tanggal 14 Februari kami mempresentasikan bisnis kami,” imbuhnya.

Sayangnya tim FIB tidak sampai menjadi juara dalam ajang ini. Namun timnya mengaku banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman baru untuk pengembangan bisnis rancangan mereka ke depannya.

Juara 1 diraih kelompok Melaut.id (Melaut.id), Juara 2 kelompok TNEC (Bobuya), Juara 3 kelompok Neurafarm (Dr. Tania), dan Juara Bisnis Favorit jatuh kepada kelompok Sledingkeun (Kakilima.id). (Der/Ery)