Lengkuas, Obat Herbal Kaya Manfaat

MALANGVOICE – Lengkuas, meski namanya tidak setenar jahe, namun jenis tumbuhan umbi-umbian yang banyak ditemui di Indonesia tersebut memiliki banyak sekali manfaat sebagai obat herbal atau jamu.

Lengkuas memiliki senyawa yang baik bagi kesehatan, seperti antioxidan dan tannins (zat yang memperkuat kekebalan tubuh). Ekstrak lengkuas juga bisa membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh.

Dilansir altmedicine, lengkuas bisa mengatasi beberapa penyakit, seperti sesak nafas, diabetes, diare, sakit perut, mabuk perjalanan, mual, dan bisul di dalam perut.

BNN Kota Malang

Selain itu, lengkuas bisa meningkatkan kemampuan pencernaan, memperlancar sirkulasi darah, dan meningkatkan berat badan, tumbuhan yang memiliki nama latin Alpinia Galanga itu juga bermanfaat dapat mencegah beberapa jenis kanker. Untuk kulit, lengkuas bisa mencegah penuaan dini, jerawat dan mengobati luka bakar.

Meksi beberapa studi mengatakan efek samping dari lengkuas hanya sedikit, namun penggunaan dan mengkonsumsi dalam jangka panjang bisa menimbulkan iritasi kulit dan rasa panas di dada (heartburn). –